Di Empat Lawang Belum Ditemukan Penyakit Hepatitis Akut

Kadinkes Kabupaten Empat Lawang Hj Hepy Syafriani

Laporan : Mutakim Alparizi

Tebingtinggi, Sumselupdate.com – Munculnya penyakit hepatitis akut saat ini masih misterius belum diketahui penyebabnya yang tiba-tiba muncul dan menyerang anak-anak.

Read More

Lantaran penyakit ini terbilang misterius karena hingga saat ini belum diketahui penyebab pastinya, akan tetapi ada beberapa diagnosis dan hipotesis dari pakar kesehatan dan peneliti di dunia yang mengarah pada Covid-19.

Belakangan tiga pasien anak yang dirawat di RSUP Dr Cipto Mangunkusumo Jakarta diduga juga terjangkiti hepatitis akut ini meninggal dunia.

Adapun gejala yang ditimbulkan kasus hepatitis akut misterius ini pada anak yakni, gejala kuning, sakit perut, muntah, diare mendadak, buang air kecil berwarna kuning tua, buang air besar berwarna pucat , kejang, dan penurunan kesadaran.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Empat Lawang Hj Hepy Syafriani menyampaikan, fenomena luar biasa ini belum diketahui penyebab pastinya.

“Kemungkinan disebabkan oleh Adenovirus tipe 41 dan SARS CoV-2 dan untuk saat ini di Empat Lawang belum ada kasus ini,” kata Hepy.

Menurutnya saat ini pihak terus aktif memonitoring faskes-faskes yang ada di Kabupaten Empat Lawang.

“Kita instruksikan kepada seluruh jajaran untuk siaga di tempat masing-masing, mengedukasi masyarakat untuk selalu menjaga personal hygiene,”  tutur Hepy.

Iapun menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Empat Lawang untuk tetap waspada, tetap terapkan protokol kesehatan dan menjaga kebersihan diri serta lingkungan.

“Menjaga kebersihan dengan cara mencuci tangan dengan sabun, memastikan makanan atau minuman yang dikonsumsi matang, tidak menggunakan alat-alat makan bersama dengan orang lain serta menghindari kontak anak-anak dengan orang sakit,” pesannya. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.