Dampak Kemarau Sungai Ogan Surut dan Sampah Pun Timbul ke Permukaan

Aksi pembersihan sampah di pinggiran Sungai Ogan yang digalakkan Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis, Jumat (25/10/2019).

Baturaja, Sumselupdate.com – Musim kemarau yang berkempanjangan, membuat Sungai Ogan di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatera Selatan surut.

Surutnya sungai terbesar di Kabupaten OKU itu, membuat sampah di dasar sungai timbul. Kondisi ini pun menimbulkan pemandangan tak sedap.

Bacaan Lainnya

Kondisi tersebut ternyata menggugah Bupati OKU, Drs H Kuryana Azis untuk membersihkan sampah yang ada di pinggir Sungai Ogan tersebut.

Aksi pembersihan sampai di pinggir sungai tersebut digelar Kuryana Azis usai mengikuti acara Jalan Sehat dan Senam Bersama TNI/Polri dan ASN, Jumat (25/10/2019).

Kegiatan Jumat Bersih digelar di sepanjang tepian Sungai Ogan mulai Jembatan Ogan III hingga ke Jembatan Ogan I dan RSUD Ibnu Sutowo Baturaja.

Pantauan Sumselupdate.com tampak sejumlah pejabat dan masyarakat ikut serta dalam kegiatan Jumat Bersih dengan cara bergotong royong membersihkan sampah dan kotoran di sepanjang Sungai Ogan.

Usai melakukan kegiatan tersebut, Bupati OKU, Kuryana Azis mengatakan, aksi pembersihan tepian Sungai Ogan sifatnya memotivasi warga untuk peduli terhadap lingkungan.

Kuryana berharap agar masyarakat sadar akan kebersihan lingkungan dan membuang sampah pada tempat yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

“Sungai bukan tempat membuang sampah, sungai harus kita jaga, jangan sampai sungai tercemar oleh sampah. Sebab sungai merupakan sumber air bagi kita, kalau sungai kotor kita semua yang akan kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan akan air bersih,” ucapnya. (arm)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.