[Cek Fakta] Palsu: Tangkapan Layar Google Hentikan Layanan Gmail

Penulis: - Selasa, 27 Februari 2024

Palembang, Sumselupdate.com – Pada Jum’at (23/02/2024) di sosial media X yang dulu Twitter beredar informasi disertai tangkapan layar berisikan jika Google akan menghentikan pengoperasian Gmail pada tanggal 1 Agustus 2024 mendatang yang sebenernya salah.

“The real reason Google is sunsetting Gmail is because AGI has been achieved internally and we all don’t need to work email jobs anymore”.

Bacaan Lainnya

Translate: Alasan sebenarnya Google menghentikan Gmail adalah karena AGI telah dicapai secara internal dan kita semua tidak perlu lagi melakukan pekerjaan email.

Dalam tangkapan layar tersebut dijelaskan bahwa alasan mereka menghentikan layanan Gmail dikarenakan perkembangan teknologi digital yang semakin maju membuat mereka ingin memfokuskan pada sumber daya mereka untuk mengembangkan teknologi dan platform baru.

 

Hasil Penelusuran :

Rupanya sudah banyak media luar yang ikut membantah jika hasil screenshot tersebut merupakan informasi palsu.

Sementara itu, pihak Google belum memberikan pernyataan secara terang-terangan untuk membantah isu tersebut.

Tapi pada Jum’at (23/02/2024) kemarin atau di hari yang sama saat isu tersebut mencuat, akun Twitter resmi @gmail mengunggah cuitan yang berbunyi, “Gmail is here to stay.” hal tersebut menjadi isyarat bahwa Gmail akan tetap beroperasi.

Kesimpulan :

Bahwa tangkapan layar informasi penghentian Gmail pada Google itu merupakan tangkapan layar palsu, tersebut juga dibantah oleh media luar dan bahkan akun Twitter resmi milik Gmail sendiri memberikan isyarat jika isu tersebut tidak benar.

 

Sumber :

https://twitter.com/gmail/status/1760796097583194560

https://qz.com/google-gmail-viral-rumor-fact-check-1851281165

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34K27DW

https://gizmodo.com/no-google-isn-t-sunsetting-gmail-1851279685

https://cekfakta.com/focus/16306

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.