Camat Penukal: Lahan Sengketa PT Aburahmi dan Warga Status Quo

Adam dan tokoh masyarakat setempat menunjukkan surat pernyataan dari warga.

PALI, Sumselupdate.comLaporan masyarakat Desa Air Itam, Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI terkait dugaan penyerobotan lahan yang dilakukan PT Aburahmi-PT SPU, ditanggapi serius  Camat Penukal, Junaidi, SE.

Menurut dia, pihaknya akan bijak dan tidak gegabah dalam menyelesaikan masalah tersebut.

Bacaan Lainnya

Bahkan pihaknya juga saat ini telah mengintruksikan ke PT Aburahmi agar berhenti dahulu beroperasi di lahan yang saat ini dalam status quo tersebut.

“Kami juga tidak bisa memutuskan, karena baik itu perusahaan dan juga masyarakat tidak mempunyai surat keabsahan lahan tersebut. Oleh karena, itu agar tidak memperkeruh suasana kami menyarankan agar PT Aburahmi tidak melakukan operasi di wilayah yang bersengketa tersebut,” ujar Junaidi, ketika dihubungi Sumselupdate.com, Minggu (7/8) siang.

Lebih lanjut pihaknya juga akan mengadakan pertemuan dengan pihak perusahaan dan warga untuk menindaklanjuti pertemuan sebelumnya.

Sebelumnya, Ketua LSM Penegak Rakyat Peduli Kebenaran (PRAPKEB) Adam Malik Syaiful selaku penerima kuasa penyelesaian kepada awak media mengatakan, perusahaan perkebunan kelapa sawit PT A diduga telah melakukan penyerobotan lahan seluas 405 hektar milik masyarakat.

Dikatakan Adam, lahan yang terletak di Desa Air Itam dan Air Itam Timur, Kecamatan Penukal tersebut diduga telah digusur PT A–PT SPU tanpa adanya koordinasi dari pemiliknya pada tahun 2014.

“Untuk itu masyarakat berharap agar perusahaan dapat bertanggung jawab mengganti rugi pelepasan hak lahan yang telah digusur,” papar Adam.

Sementara untuk upaya penyelesaian, jelas Adam telah sering dilakukan, seperti dirinya pernah melayangkan surat ke pihak perusahaan dan pemerintah, baik pemerintah desa, pemerintah kecamatan bahkan pihaknya telah melayangkan surat kepada Bupati PALI sebanyak dua kali.

“Kami juga telah melakukan aksi demo serta pertemuan di Kantor Camat Penukal, namun masih belum membuahkan hasil,” tegas Adam. (adj)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.