Bupati Dodi Reza Terus Maksimalkan Pelayanan Posyandu di Muba

Rapat Koordinasi terkait Penguatan Kapasitas Pokjanal Posyandu Kabupaten Muba Tahun 2021.

Sekayu, Sumselupdate.com – Tingkatkan kinerja layanan dan strata Posyandu, Pemkab Musi Banyuasin (Muba) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) menggelar Rapat Koordinasi terkait Penguatan Kapasitas Pokjanal Posyandu Kabupaten Muba Tahun 2021.

Rakor ini dibuka secara resmi oleh Bupati H Dodi Reza Alex Noerdin diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Muba H Yudi Herzandi, dengan mendatangkan narasumber dari DPMD Provinsi Sumsel  Uzirman Irwandi, Selasa (21/9/2021) di Ruang Auditoriuml Pemkab Muba.

Read More

Dalam sambutannya, H Yudi Herzandi menyatakan bahwa posyandu memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun sumber daya manusia untuk masa depan yang berkualitas.

“Posyandu merupakan organisasi sosial yang dibentuk untuk memberikan pelayanan kesehatan dan keluarga berencana (KB), serta mendorong ekonomi keluarga dengan tujuan agar dapat dengan mudah memperoleh hak-hak dasarnya, khususnya hak mendapatkan pelayanan kesehatan yang diselenggarakan oleh, dari dan untuk masyarakat,” ungkapnya.

Dengan peran tersebut, sambung Yudi, Posyandu tampil sebagai upaya pelayanan kesehatan dasar berbasis swadaya masyarakat, sekaligus refleksi dari tradisi gotong royong yang sudah menjadi akar budaya masyarakat.

Oleh karena itu, dengan diadakan kegiatan ini, mudah-mudahan dapat mengembalikan akan pentingnya posyandu dan meningkatkan mutu pengelolaannya juga agar masyarakat mampu tolong menolong dirinya sendiri melalui pengenalan dan penyelesaian masalah kesehatan secara lintas program dan lintas sektoral terkait.

Yudi Herzandi, juga menyampaikan apresiasinya kepada para peserta kegiatan rakor yang sudah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Untuk itu Pokjanal ini berkewajiban melakukan revitalisasi posyandu secara terus menerus dan berkala yang tentunya dibagi dua bagian utama yaitu revitalisasi peran dan fungsi Posyandu serta revitalisasi Pokjanal itu sendiri.

Terima kasih saya ucapkan kepada peserta yang sudah berpartisipasi mengikuti kegiatan ini. Semoga kerja keras kita menjadi bagian dari perjuangan menguatkan sistem hubungan sosial antar kader posyandu dengan jajaran pemerintah agar terjalin kemitraan yang harmonis, sinergi dan strategis,” ungkapnya.

Sementara, Kepala PMD Muba H Richard Cahyadi diwakili Sekretaris Deni Sukmana, melaporkan kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Permendagri Nomor 54 Tahun 2007 Tentang Pedoman pembentukan kelompok kerja operasional pembinaan pos pelayanan terpadu.

“Kegiatan ini digelar bertujuan untuk meningkatkan kinerja layanan dan strata posyandu melalui Pokjanal dan unit unit posyandu, serta untuk meningkatkan mutu pengelolaan dan pelayanan posyandu, sehingga dapat terarah dan terpadu. Peserta 15 orang perwakilan kecamatan, 15 orang ketua Pokja IV TP PKK kecamatan, 15 orang kader posyandu, dan 11 orang tim Pokjanal Kabupaten Muba,” tandasnya. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.