Biaya Umroh Bisa Capai Rp28 Juta Gara-gara Ini

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lahat H Rusidi Dja'far.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Biaya yang harus dikeluarkan jamaah Indonesia untuk menjalankan ibadah umrah, diperkirakan akan mengalami kenaikan menjadi Rp28 juta.

Read More

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Lahat H Rusidi Dja’far mengatakan, sebelum masa pandemi Covid-19, biaya perjalanan umrah bisa mencapai Rp22 juta hingga Rp24 juta. Namun memang ada regulasi dari pemerintah Arab Saudi, bahwa terdapat penanganan bagi jamaah agar tetap aman dalam menjalankan ibadah umroh.

“Memang ada biaya tambahan terkait perjalanan umroh, itu yang mesti diketahui para calon jamaah. Kalau mau berangkat, saat ini rata rata calon jamaah perlu menyiapkan dana sebesar Rp28 juta rupiah, karena ada penanganan khusus terkait antisipasi penyebaran Covid 19, dan itu sudah menjadi regulasi aman dalam melaksanakan ibadah umroh,” kata dia, Selasa (11/01/2022).

Rusidi menerangkan, sejauh ini, pihaknya belum menerima laporan terkait jamaah yang hendak berangkat umroh, meski keberangkatan jamaah asal Indonesia sudah diperbolehkan umroh sejak tahun lalu.

“Kalau khusus di Kabupaten Lahat, belum ada yang melapor kepada kami. Karena untuk mengurus paspor jamaah, itu hadus laporan dulu kesini, meskipun melalui travel umroh swasta. Jadi data keberangkatan umroh kami juga mengetahui,” ujar dia.

Sementara itu, Saripah calon jamaah umroh mengaku, bahwa kenaikan biaya perjalanan umroh memang harus di sosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Apabila rata rata perjalanan umroh 22 hingga 24 bahkan 25 juta rupiah, dan ada biaya tambahan terkait antisipasi penyebaran Covid 19, kami  harap segera di sebarluaskan informasi ini, agar para calon jamaah umroh bisa mempersiapkan bekal lebih untuk berangkat umroh,” tutur dia. (**).

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.