Besok, Sepuluh Mantan Anggota Gafatar Tiba di Palembang

Kamis, 28 Januari 2016
H Mukti Sulaiman

Palembang, Sumselupdate.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) belum menganggarkan dana khusus untuk sepuluh eks Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) asal Sumsel yang rencananya tiba dari Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (29/1) besok.
” Sampai sekarang enggak ada, kita lihat situasinya dulu, kita akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat soal pembinaan dan dana untuk mereka,” kata Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman, Kamis, (28/1).
Menurut Mukti, tim dari Kesbangpol sudah berangkat untuk menjemput sepuluh mantan anggota Gafatar ini.
Dari informasi dihimpun, Jumat (29/1) besok, sepuluh mantan anggota Gafatar ini tiba di Bandara Sultan Mahmmud Badaruddin (SMB) II Palembang.
Ke-10 orang eks Gafatar asal Sumsel nantinya akan ditampung terlebih dahulu di Rumah perlindungan trauma centre (RPTC) milik Pemerintah Provinsi Sumsel yang berada di Jalan Letnan Murod, Talang Ratu RT 04, RW 02, Kelurahan Srijaya, Kecamatan Alang-alang Lebar, Palembang.
Menurut Petugas Pekerja Sosial yang berada di RPTC Tarimi Damyanati ke-10 anggota Eks Gafatar tersebut sebelumnya akan didata terlebih dahulu.
“Kita sudah mempersiapkan kebutuhan untuk ke-10 anggota Eks gafatar tersebut, kemungkinan mereka akan ditampung sekitar 3-10 hari di RPTC,” kata Petugas pekerja sosial Tarimi Damayanti/
Terpisah, Wakapolda Sumsel Brigjen Syaiful Zahri mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Kesbangpol Sumsel, serta TNI dalam agenda pemulangan. Meski dikerahkan sejumlah personel Polri, pengawalan akan dilakukan biasa saja tanpa ada penjagaan ketat.
“Ya, di bandara nanti biasa saja, tidak ada pengawalan khusus atau ketat. Jumlah personel juga seadanya, karena mereka terbilang sedikit,” kata Syaiful.
Selain melakukan pengawalan, polri juga akan memberikan bimbingan terhadap eks anggota Gafatar tersebut. Tujuannya, mereka tidak lagi terpengaruh dengan ajakan pihak tertentu untuk masuk ke gerakan atau aliran yang bertentangan dengan agama dan Pancasila. (erk)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.