Bawaslu Sebut Tiga Daerah Ini Rawan Politik Uang dan Bagi Sembako

Ketua Bawaslu Sumsel Junaidi.

Palembang, Sumselupdate.com –  Jelang pelaksanaan Pilkada serentak 2018, Bawaslu Sumsel menyebut ada tiga daerah yang dinilai rawan money politik dan pembagian sembako. Ketiga daerah itu yakni Palembang, Muaraenim dan Pagaralam.

Ketua Bawaslu Provinsi Sumsel Junaidi usai apel siaga Panwaslu Se-Kota Palembang pada Pilkada calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel dan Pilwako Palembang 2018 di Stadion Kamboja, Minggu (24/6/2018) mengatakan,  Bawaslu akan mengawasi secara masif daerah rawan pelanggaran money politik dan pembagian sembako tersebut.

Read More

“Kami berharap paslon sadar diri kalau kampanye sudah selesai. Sehingga saat ini waktunya pendekatan diri kepada Tuhan, misalnya dengan sholat Tahajut, Sholat Hajat dan lainnya. Karena waktu maksimal kampanye sudah selesai, jadi pendekatan dengan masyarakat agar dihentikan,” ujarnya.

Menurutnya,  contoh money politik di daerah perkebunan rakyat seperti petani kopi di Pagaralam, Semendo dan Empat Lawang adalah dengan memberikan uang kepada petani agar mau mencoblos.

“Biasanya petani ini bermalam di kebun sehingga tidak mau hadir ke TPS. Namun mereka di iming-imingi uang ongkos supaya mencoblos. Itu kami tekankan ke Panwaslu kalau money politik adalah pelanggaran. Kalau terbukti maka akan didiskualifikasi,” tandasnya.

Sedangkan terkait logistik, Junaidi mengungkapkan, secara umum sudah cukup kecuali Mura terdapat kekurangan C6. Selain itu, di Prabumulih juga ada kekurangan C6 tapi ada kesepakatan panitia untuk di fotokopi dengan dibuat di berita acara. “Untuk DPT Palembang kita claer kan. Tapi banyak masyarakat yang mengeluh belum terdaftar di DPT, ” jelasnya. (ery)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.