Bantu Sejahterakan Warga, TP PKK Muba Sinergikan Program Dengan OPD

Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza pada acara audiensi hasil sikronisasi program kerja TP PKK Kabupaten Muba dengan OPD bersama Bupati Muba.

Sekayu, Sumselupdate.com – Dalam upaya mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat dalam Kabupaten Musi Banyuasin, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Muba mensinkronisasikan program kerja dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Muba.

“Kegiatan ini sudah lama kami rencanakan, ini tahapan akhir dari rapat koordinasi dan sikronisasi program kerja dengan OPD selama tiga minggu,” ungkap Ketua TP PKK Muba Hj Thia Yufada Dodi Reza pada acara audiensi hasil sikronisasi program kerja TP PKK Kabupaten Muba dengan OPD bersama Bupati Muba selaku Ketua Pembina TP PKK Muba, di Ruang Rapat Serasan Sekate Sekretariat Daerah Muba, Rabu (14/4/2021).

Bacaan Lainnya

Dikatakannya bentuk koordinasi dan sinkronisasi dilakukan dengan cara mendatangi satu persatu OPD Muba.

“Ini kita lakukan karena tidak ada satupun kerja TP PKK yang tidak terkait dengan OPD, kami juga sinkronisasikan program kerja dengan organisasi kewanitaan dalam Kabupaten Muba serta memanfaatkan CSR dari perusahaan” kata Thia Yufada.

Lanjutnya, TP PKK Muba telah meraih Juara Nasional UP2K tahun 2020 mewakili Provinsi Sumatera Selatan. Oleh karenanya penting untuk dilakukan sinkronisasi dengan OPD dalam meningkatkan infrastruktur dari program TP PKK untuk antisipasi studi banding dari daerah lain.

“Maksud dan tujuan audiensi kami, untuk memohon dukungan agar hal yang sudah disepakati bisa terlaksana sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Adapun beberapa program kerja TP PKK Muba yang disinkronisasikan dengan 18 OPD diantaranya, Paket City Tour Gambo Muba atau pembangunan Pendopoan untuk pengrajin penjumputan Gambo Muba di Desa Ulak Teberau, Kecamatan Babat Toman, pemilihan wanita inspiratif Tingkat Kabupaten Muba, pembuatan kebun percontohan Gambir TP PKK Kabupaten Muba di Desa Toman, pelatihan untuk menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi pelaku usaha UP2K, kemudian pelatihan produk hilirisasi karet gelang, pelatihan kewirausahaan sekaligus bantuan peralatan untuk Karang Taruna (kaum milenial), batuan untuk kelompok usaha bersama (KOBE), dan bantuan usaha ekonomi produktif (UEP) bagi usaha perseorangan.

Bupati Muba Dodi Reza Alex dalam kesempatan ini memberikan apresiasi dan terima kasih kepada TP PKK Muba yang telah membantu program Pemerintah Kabupaten Muba dan juga telah mengharumkan nama Bumi Serasan Sekate dikanca Nasional dengan meraih Juara UP2K.

“Saya sangat berterimakasih kepada Ketua dan Pengurus TP PKK yang telah serius selama ini, terbukti sinkronisasi program kerja sudah jalan dan menjadi satu-satunya di Sumsel ibu -ibu TP PKK bersinergi dengan OPD. Terima kasih juga OPD telah membantu TP PKK, ini tugas kita bersama,” ujarnya.

Untuk itu Bupati Dodi mengintruksikan kepada OPD terkait agar program yang disampaikan menjadi prioritas dan dapat dianggarkan.

“Termasuk kita antisipasi banyak studi banding dari daerah lain karena kita sudah menjadi Juara Nasional UP2K. Tanpa anggaranpun mereka bisa menjadi juara nasional apalagi kedepannya kita didukung penuh,” tandasnya.

Audiensi ini turut dihadiri para Kepala Perangkat Daerah Muba, serta Para Pengurus TP PKK Kabupaten Muba. (rel)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.