Bamsoet Gelar Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI

Penulis: - Kamis, 14 Maret 2024
Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) menerima Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Jakarta, Sumselupdate.com – Ketua MPR RI  Bambang Soesatyo (Bamsoet)  diangkat sebagai Ketua Dewan Pembina Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia (PRSI).

PRSI merupakan organisasi yang berfokus pada pengembangan teknologi robotik di indonesia dan sekaligus memberikan wadah terhadap  komunitas robotik dan sekolah robotik di indonesia.

Bacaan Lainnya

Didedikasikan untuk mengembangkan teknologi robotika untuk kepentingan manusia, dengan fokus pada berbagai kompetisi dan kolaborasi lintas batas.

Bamsoet bersama PRSI akan menggelar Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 memperebutkan Piala Ketua MPR RI.

Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI yang akan dilaksanakan tanggal 17-19 Mei 2024 di Jakarta, mengangkat tema ‘Inovasi Berkelanjutan di Bidang Robotik Menuju Indonesia Emas.’

“Turnamen Robotik Indonesia Piala Ketua MPR RI merupakan ajang untuk mengembangkan dan memajukan bidang robotik di tingkat pelajar, mahasiswa hingga umum. Di samping menguji ketrampilan teknis dan kreativitas  merancang, membangun dan mengoperasikan robot. Turnamen akan diikuti peserta dari seluruh provinsi di Indonesia,” kata Bamsoet usai menerima Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

Pengurus Besar Persatuan Robotika Seluruh Indonesia hadir antara lain Dewan Penasehat Bambang Herry dan Bachtiar Sudjono, Ketua Umum Wahyu Hidayat, Wakil Ketua Umum Gilang Kencana dan Sekretaris Jenderal Dwi Nugroho Marsudianto.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI merupakan kompetisi dari berbagai sekolah atau institusi di Indonesia  membangun dan mengoperasikan robot yang mereka buat sendiri.

Turnamen Robotik Indonesia memiliki berbagai macam tantangan yang mencangkup pemrograman, desain mekanik dan strategi dalam mengoperasikan robot.

“Pemenangnya akan dinilai berdasarkan kinerja robot dalam menyelesaikan tugas-tugas tertentu atau dalam pertandingan langsung melawan robot lainnya. Turnamen Robotik Indonesia menjadi platform yang sangat baik untuk memupuk minat siswa dalam ilmu pengetahuan, teknologi, rekayasa dan matematika. Para pemenang Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI akan mewakili Indonesia dalam turnamen robotik internasional ‘World Robotic Center Competition’ di Singapura bulan September 2024,” kata Bamsoet.

Dikatakan, Kejuaraan Nasional Turnamen Robotik Indonesia 2024 Piala Ketua MPR RI akan mempertandingkan enam kategori. Pertama, ‘Robot Sumo’ yang merupakan kompetisi dimana robot otonom atau semi-otonom dirancang dan diprogram untuk bertanding Sumo, mendorong robot lain keluar dari lingkaran pertandingan atau menghentikan lawan bergerak.

Kedua, ‘Robot Soccer’ merupakan olahraga yang melibatkan robot otonom yang dirancang untuk bermain sepakbola melawan tim lawan.

Setiap robot dilengkapi dengan sensor, pemrosesan data, dan kemampuan navigasi untuk bergerak di lapangan, mendeteksi bola serta berinteraksi dengan rekan satu timnya.

“Ketiga ‘Robot Line Follower’ yang merupakan robot yang dirancang untuk mengikuti garis atau jalur yang telah ditentukan secara visual. Keempat ‘Robot Kreatif Rancang Bangun’ merupakan jenis robot yang memilikinya kemampuan untuk menghasilkan karya seni atau karya kreatif lainnya,” jelas Bamsoet.

Dia menambahkan, kategori turnamen kelima adalah ‘Robot Transporter’. Robot transporter adalah jenis robot yang dirancang khusus untuk melakukan tugas transportasi atau pengangkutan barang dari satu tempat ke tempat lain. Jenis robot ini beragam dalam desain dan ukuran.

Mulai dari robot kecil yang digunakan di dalam fasilitas produksi atau gudang, hingga kendaraan otonom yang lebih besar digunakan di luar ruang untuk mengangkat barang secara mandiri.

“Kategori keenam adalah ‘Robot Amphibious Solar Vehicle’ merupakan jenis robot kendaraan yang dirancang untuk beroperasi di darat dan air. Robot ini menggunakan tenaga surya sebagai sumber energi utamanya. Dilengkapi dengan panel surya yang terpasang di permukaannya untuk menangkap energi matahari dan mengubahnya menjadi listrik guna menggerakkan robot,” tegas Bamsoet. (**)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.