Arus Balik Mudik, Polri Larang Truk Lewati Tol pada 8-10 Juni

Ilustrasi

Jakarta, Sumselupdate.com – Korlantas Polri memberlakukan pelarangan terhadap kendaraan angkutan barang untuk tidak diperkenankan melintas di jalan tol pada 8 hingga 10 Juni nanti agar tidak ada kepadatan yang memicu kemacetan.

“Untuk kendaraan truk itu mulai dari 8 hingga 10 Juni tidak boleh lewat jalan tol,” ujar Kepala Posko Operasi Ketupat 2019 Korlantas Polri Kombes Pol Bakharuddin Muhammad Syah, dikutip dari laman kompas.com, Selasa (4/6/2019).

Bacaan Lainnya

Sebelumnya, tutur Bakharuddin, pada persiapan arus mudik, Korlantas Polri juga melarang kendaraan angkutan barang untuk melintasi ruas tol dari H-7 atau 30 Mei sampai 2 Juni 2019.

Dengan pelarangan tersebut, lalu lintas kendaraan pemudik akan lebih lancar dan menimalisir risiko kecelakaan.

“Arus mudik lebaran jadi tidak padat karena ada pelarangan itu. Ditambah pemerintah memberlakukan kebijakan satu arah di ruas jalan tol antara Jakarta hingga Semarang,” ucap dia.

Bakharuddin menuturkan, pada arus balik, Korlantas Polri mengimbau masyarakat untuk bisa pulang sebelum 9 Juni. Hal itu dilakukan agar kondisi lalu lintas menjadi lebih lancar.

“Kondisi lalu lintas yang relatif lancar saat arus mudik diperkirakan tidak terjadi saat arus balik. Soalnya, jeda waktu arus balik relatif pendek, yakni sekitar tiga hari,” ujar dia.

Seperti diketahui, untuk arus mudik, berlaku kombinasi dua rekayasa lalu lintas sekaligus dengan jarak yang sangat panjang, yaitu contraflow di Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Cikampek di titik awal KM 29 sampai dengan KM 70 yang terintegrasi langsung dengan one way di KM 70 Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama sampai dengan KM 414 GT Kalikangkung.

Adapun dalam catatan Korlantas Polri, jumlah kendaraan yang telah melewati tol di Jawa Tengah dari 30 Mei hingga 3 Juni sudah mencapai 359.000. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.