Antispasi Karhutlah di Lahan Gambut, BPBD PALI Siapkan Alat Biopori

Kepala BPBD PALI Junaidi Anwar.

PALI, Sumselupdate.com – Mengantisipasi ancaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) di lahan gambut yang berada di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten PALI, Junaidi Anwar, SE, MSi mengaku sudah menyiapkan alat untuk membuat biopori.

“Kalau untuk tahun ini kemarau berhujan, tetapi kita tetap mengantisipasi dengan menyiapkan peralatan yang memadai seperti menyiapkan alat biopori untuk pengeboran. Jadi kalau terjadi kebakaran di lahan gambut, dilakukan pengeboran dulu di lahan gambut, baru dimatikan apinya,” terang Junaidi saat dihubungi via telpon, Minggu (7/3/2021).

Bacaan Lainnya

Ia menjelaskan pihaknya dalam waktu dekat akan menggelar apel bersama dengan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) untuk antisipasi karhutlah.

“Hari Selasa nanti, ada apel bersama gelar pasukan dan peralatan dengan pimpinan apel Pak Gubernur,” tambahnya.

Adapun wilayah yang perlu diwaspadai terhadap potensi Karhutla lahan gambut, antara lain Desa Tempirai, Desa Tempirai Timur, Desa Tempirai Selatan di Kecamatan Penukal Utara.

“Untuk di Kecamatan Abab, Desa Prambatan, Desa Pengabuan Timur, Desa Pengabuan, dan Desa Persiapan Batu Tugu. Kami akan terus berkoordinasi dengan pihak perusahaan dalam mengantisipasi kebakaran lahan gambut,” tutupnya. (adj)

 

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.