Amblas, Ruas Jalan Menuju Danau Ranau OKU Selatan Terancam Putus  

Ruas jalan provinsi menuju obyek wisata Danau Ranau tepatnya di Desa Simpang Sender, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT) OKU Selatan, sudah separuh amblas, Selasa (28/9/2021).

Laporan: Alpian Patria Jaya

Muaradua, Sumselupdate.com – Salah satu ruas jalan provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di Kabupaten OKU Selatan, terancam putus akibat amblas.

Read More

Lokasi amblasnya jalan provinsi tersebut berada di Desa Simpang Sender, Kecamatan Buay Pematang Ribu Ranau Tengah (BPRRT), Kabupaten OKU Selatan, Sumatera Selatan.

Jalan provinsi ini juga salah satu jalan utama OKU Selatan menuju obyek wisata Danau Ranau.

Sebagaimana diketahui, Danau Ranau ini merupakan salah satu kawasan  yang akan menjadi tempat beberapa venue olahraga dalam gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel pada bulan November 2021 nanti.

Heriadi, salah satu warga sekitar BPRRT mengatakan, jika hujan yang terus mengguyur dalam beberapa pekan terakhir, badan jalan dengan lebar satu meter dan panjang lima meter, bakal makin tergerus.

“Memang bahayo sih Pak. Karno ‘kan di samping jalan ini berbatasan dengan jurang curam, kurang lebih 20 meter,” ungkapnya saat dibincangi, Selasa (28/9/2021)

Pantauan Sumselupdate.com di lokasi, untuk melewati ruas jalan tersebut, pengemudi kendaraan harus berhati-hati.

Terlebih untuk kendaraan roda empat, yang harus bergantian mengambil salah satu ruas jalan.

“Sebenarnya untuk jalan ini, memang sudah pernah  dilakukan perbaikan. Tetapi mungkin karna kultur tanahnya, jadi lagi-lagi masih amblas . Ditambah hujan terus ini, rusaknya bertambah,” bebernya.

Di sisi lain, Arman, salah satu pengendara yang melintas berharap proses perbaikan jalan segera dilakukan.

Mengingat lokasi jalan ini juga merupakan jalan sentral utama, untuk OKU Selatan.

Selain itu, menurut Arman, jalan ini bisa sebagai akses jalan lintas menuju ke Provinsi Lampung dan satu-satunya jalan k menuju ke destinasi wisata Danau Ranau.

“Yo banyak wisatawan kendaraannya lewat jalan ini. Danau Ranau juga ‘kan akan jadi lokasi untuk gelaran Porprov. Karena cabor seperti voly pasir, panjat tebing, refting, dan lainya akan digelar di sana. Jadi kami sangat berharap ada perbaikan secepatnya,” tandasnya.

Sementara itu, Armada Sazuli ST, Kabid Bina Marga OKU Selatan mengatakan jika untuk ruas jalan tersebut memang mengalami kerusakan.

Dikatakannya, kerusakan jalan ini sudah dilakukan koordinasi dengan pihak Dinas PU Provinsi Sumsel.

“Karena memang untuk perbaikan tersebut wewenang langsung pihak provinsi,” ungkapnya. (**)

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.