Akuntabilitas Kinerja Pemkab Muaraenim Terbaik di Sumatera Selatan

Muaraenim kembali berhasil mempertahankan capaian nilai tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan, dalam penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Intansi Pemerintah.

Muaraenim, Sumselupdate.com – Pemerintah Kabupaten Muaraenim kembali berhasil mempertahankan capaian nilai tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan, dalam penilaian Evaluasi Akuntabilitas Kinerja dan pelaksanaan Reformasi Birokrasi Intansi Pemerintah provinsi/kabupaten/kota se-Indonesia tahun 2020 yang diselenggarakan Kemenpan-RB RI.

Hal ini ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan secara langsung oleh Menteri PAN-RB, Tjahjo Kumolo, Kamis (22/04/2021) kepada Pj Sekda Kabupaten Muaraenim, Emran Tabrani, pada acara Sistem Akuntabitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Reformasi Birokrasi (SAKIB-RB) Award 2020 di Jakarta.

Bacaan Lainnya

Plt Deputi Reformasi Birokrasi Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan Agus Uji Hantara, menyampaikan, hasil Evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemkab Muaraenim tahun 2020 mencapai predikat Sangat Baik atau BB, yang merupakan capaian tertinggi dari 17 kabupaten/kota  di Provinsi Sumatera Selatan.

“Terdapat 514 kabupaten/kota di Indonesia hanya 11 pemerintah daerah yang meraih predikat memuaskan (A) dan 56 pemerintah daerah berpredikat Sangat Baik (BB), salah satunya Pemkab Muaraenim. Selebihnya B, CC, C dan D, sedangkan AA belum ada,” ungkapnya.

Lanjutnya, penyerahan penghargaan ini dilaksanakan secara terbatas, sehingga hanya kabupaten/kota yang memiliki nilai tertinggi di masing-masing provinsi saja yang diundang untuk dapat hadir secara langsung, termasuk Pemkab Muaraenim dan Pemkot Palembang yang meraih nilai tertinggi di Provinsi Sumatera Selatan.

Sementara itu, Pj Sekda yang didampingi oleh Kepala Bappeda Ir Mat Kasrun dan Kabag Organisasi Wulandari Wijayanti menyampaikan, rasa syukurnya atas penghargaan yang diterima Pemkab Muaraenim.

“Penghargaan ini merupakan prestasi seluruh pegawai dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Muaraenim, dalam tetap berkomitmen menjalankan akuntabilitas kinerja secara terukur dan terarah, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga pelaporan,” ujarnya, Jumat (23/04/2021) dalam siaran persnya.

Namun Pj Sekda berpesan agar tidak berpuas diri, karena masih ada tahapan target pencapaian yang mesti diraih melalui pembenahan dan perbaikan dari hasil evaluasi, khususnya dari segi reformasi birokrasi.

“Dengan hasil ini, jangan kita cepat berpuas diri. Maka itu yang lebih terpenting lagi yaitu prestasi tersebut dapat dirasakan langsung dan nyata oleh masyarakat dalam bentuk penyelenggaraan pelayanan publik yang prima,” lanjutnya.

Direncanakan pada Senin (26/04/2021), Pj. Sekda akan menyerahkan dan melaporkan penghargaan maupun hasil evaluasi ini kepada Plh Bupati Muaraenim, H Nasrun Umar. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.