Agus Antoni Jabat Pj Gubernur Sumsel, Ini Kata Ishak Mekki

Senin, 2 Oktober 2023
Pj Gubernur Sumsel Agus Antoni (kiri).

Laporan: Romadon

Palembang, sumselupdate.com  – Agus Antoni Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri, resmi dilantik menjadi Pj Gubernur Sumsel, menggantikan Herman Deru.

Bacaan Lainnya

Pelantikan Pj Gubernur Sumsel  dilaksanakan serentak dengan pelantikan Pj Gubernur Kalimantan Timur. Pelantikan dilakukan di Sasana Bhakti Praja (SBP) Lantai 3 Gedung C, Kemendagri Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat pada Senin, (2/10/2023)

Anggota DPR RI dari Dapil Sumsel I Ishak Mekki membenarkan bahwa Pj Gubernur Sumsel dijabat oleh Agus Fatoni.

“Iya benar (Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni) dindo,” katanya, Senin.

Ishak yang hadir dalam pelantikan itu, mengatakan bahwa Agus Fatoni dilantik langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

“Mendagri Prof Tito Karnavian” ujarnya.

Menurut Ishak, penunjukan Agus Fatoni sebagai Pj Gubernur Sumsel sudah tepat. Sebab, dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Pjs Gubernur Sulawesi Utara.

Selain itu, kata Ishak, Agus Fatoni juga merupakan lulusan dari STPDN dan merupakan lulusan terbaik pada angkatannya. Sebelum menjabat Pj Gubernur Sumsel,  lanjutnya, Agus Fatoni menjabat sebagai Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri.

“Menurut saya sudah pas/cocoklah karena backgraund-nya juga dari STPDN dan di Kemendagri beliau ini Dirjen keuangan mengelola keuangan. Di kemendagri yang jaringannya seluruh indonesia paham di pemerintahan,” ungkap Ishak Mekki yang pernah menjabat sebagai Bupati OKI ini.

“Infonya beliau ini lulusan terbaik di angkatannya dan sebelumnya juga beliau pernah menjabat Pjs Gubernur di Sulawesi jadi sudah paham ada pengalaman menjalankan tugas kepala daerah (Gubernur) dan beliau juga putra daerah dari Sumatera (Lampung) tentunya tidak jauh adat istiadat dari kita Sumsel dan memang bagian dari Sumbagsel,” lanjutnya.

Ishak menyebut, salah satu tugas yang menanti Agus Fatoni yakni kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda Sumsel. Bukan itu saja, kata dia, akibat dari karhutla itu mengakibatkan wilayah Sumsel dikenang kabut asap.

Namun, Ishak yakin Agus Fatoni bisa menangani itu dengan mengajak semua stakeholder terkait untuk mengatasi karhutla dan kabut asap ini sehingga tidak terjadi komplain dari berbagai pihak.

“Tentu itu salah satu tugas menanti beliau untuk dapat menggerakkan yang terkait dalam menangani karhutla ini, agar cepat pulih kebakaran dapat diatasi dan polusi udara kembali normal baik sehingga tidak ada yg komplain atas pencemaran udara akibat karhutla ini , semua bersinergi untuk mengatasi hal tersebut,” tutupnya. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.