Pneumonia Mengancam, Anggota Komisi VIII DPR Imbau Calon Jemaah Haji Jaga Pola Makan dan Minum

Penulis: - Kamis, 30 Mei 2024
Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti saat melakukan kunjungan kerja spesifik embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024).

Jakarta, Sumselupdate.com – Cuaca panas di Kota Mekkah, Arab Saudi, mengakibatkan pneumonia atau radang paru-paru sehingga kerap menimbulkan penyakit  para jemaah haji.

Anggota Komisi VIII DPR RI Endang Maria Astuti pun mengimbau calon jemaah haji untuk menjaga pola makan dan minum. Selain itu, ia meminta pihak asrama haji  mensosialisasikan ancaman pneumonia  sehingga para calon jemaah haji dapat mempersiapkan diri.

Bacaan Lainnya

“Kita berharap para jemaah haji sudah membiasakan menjaga pola makan dan minum. Agar mereka di sana tetap dalam kondisi fit. Karena dengan kondisi panas dan minum kurang,  menjadikan kepala pusing lemas dan sebagainya,” ujar Endang saat melakukan kunjungan kerja spesifik embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Rabu (29/5/2024).

Politisi Fraksi Partai Golkar itu jugabtelah mengimbau pihak Kementerian Agama Kantor Wilayah Jawa Tengah  berkoordinasi dan berkolaborasi dengan Dinas Kesehatan.

Sehingga, pada saat pemeriksaan kesehatan, calon jemaah haji dapat diberitahukan mengenai penyakit pneumonia ini. Sehingga calon jemaah haji dapat mempersiapkan diri untuk lebih menjaga diri.

“Jadi darr Asrama Haji bekal pengetahuan mengenai ancaman penyakit pneumonia harus  disampaikan. Minimal  ketika masuk pemeriksaan kesehatan  jauh lebih diingat  mereka karena langsung face to face itu. Harapan kita juga tersampaikan, karena sudah kita imbau sejak pemberangkatan,” jelas Legislator dapil Jawa Tengah IV itu.

Terkait ancaman penyakit pneumonia, pemerintah melalui Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) juga telah mengimbau para jemaah haji Indonesia untuk  menggunakan masker ketika berkegiatan di tanah suci. Selain itu  jemaah haji diminta meminum air putih yang banyak dan mengurangi rokok. (**)

Bantu Kami untuk Berkembang

Mari kita tumbuh bersama! Donasi Anda membantu kami menghadirkan konten yang lebih baik dan berkelanjutan. Scan QRIS untuk berdonasi sekarang!


Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.