418 Hewan Kurban Disembelih dan Dibagikan Kepada Masyarakat di Lima Kecamatan Kota Pagaralam

Proses penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan masyarakat di Kota Pagaralam, Sumsel, Minggu (10/7/2022).

Laporan: Novrico Saputra

Pagaralam, Sumselupdate.com – Sebanyak 418 hewan kurban disembelih dan dibagikan kepada masyarakat di lima kecamatan Kota Pagaralam pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Read More

Walikota Pagaralam Alpian Maskoni melalui Sekda Kota Pagaralam Samsul Bahri didampingi Kabag Kesramas Bahrul Hidyat dan Kasubag Kesejahteraan Masyarakat Deni Indra mengatakan, ratusan hewan yang dikurbankan terdiri dari sebanyak 230 ekor sapi dan 188 kambing berdasarkan rekap di sejumlah masjid dan mushola di lima Kecamatan Kota Pagaralam.

“Semua hewan kurban dipastikan bebas Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) berdasarkan surat pemeriksaan kesehatan hewan,” jelasnya.

Rincinya sambung Deni, kecamatan Pagaralam Utara sebanyak 121 sapi dan 71 kambing, Kecamatan Pagaralam Selatan 76 sapi dan 67 kambing.

Proses penyembelihan hewan kurban yang dilaksanakan masyarakat di Kota Pagaralam, Sumsel, Minggu (10/7/2022).

Sedangkan Kecamatan Dempo Utara 15 sapi dan 20 kambing, Kecamatan Dempo Selatan 16 sapi dan 28 kambing, dan Kecamatan Dempo Tengah 2 sapi dan 2 kambing.

Ditambahkan Sekda, berdasarkan survei kesehatan hewan ternak, Kota Pagaralam termasuk wilayah bebas PMK.

Di samping itu, Pemerintah Kota Pagaralam tegas menolak masuknya hewan terindikasi PMK.

“Hal ini dilakukan untuk melindungi peternak hewan di Kota Pagaralam, agar jangan sampai terjangkit PMK yang dibawa hewan dari luar daerah,” ucapnya.

Samsul mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Pagaralam mengucapkan terima kasih kepada semua petugas di lapangan yang telah berpartisipasi aktif dalam kegiatan pemeriksaan hewan kurban.

“Semoga Hari Raya Idul Adha tahun ini membawa rahmat dan keberkahan bagin kita semua,” harapnya.

Terpisah, Polres Pagaralam melakukan penyembelihan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha tahun ini sebanyak 8 ekor sapi dan 7 ekor kambing yang akan disalurkan oleh panitia kurban pada Minggu (10/07/2022).

“Hewan kurban berjumlah 8 ekor sapi yang disembelih secara terpisah yaitu 4 ekor disembelih di Mapolres Pagaralam, sedangkan 4 ekornya lagi disembelih di 4 Polsek dan 7 ekor kambing. Rencananya hewan kurban ini akan kita salurkan ke masyarakat di sekitar dan warga yang membutuhkan,” kata PS Kasubsi PDIM SIE Humas Polres Pagaralam Aipda Paino, SE. (**)

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.