Babel Ekspor 45 Ton Lada Putih ke Jepang

Ilustrasi
Ilustrasi

Bangka Belitung, Sumselupdate.com-Sebanyak 12 ton produk lidi nipah senilai Rp108 juta asal Bangka Belitung (Babel) dilepas ekspor ke Nepal, Senin (6/7/2020).

Pada saat bersamaan juga dilepas komoditas unggulan lainnya yakni lada putih sebayak 45 ton senilai Rp2,5 miliar milik PT MJL ke Jepang.

Bacaan Lainnya

Kepala Karantina Pertanian Pangkalpinang Saifudin Zuhri mengatakan, ekspor lidi nipah yang merupakan produk samping pohon nipah (Nypa fruticans) merupakan kali pertama atau perdana dengan tujuan Nepal.

Pohonnya sendiri merupakan sejenis palem yang tumbuh di lingkungan hutan bakau atau daerah pasang surut dekat tepi laut dan dibina oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepulauan Babel.

“Kami pastikan lidi nipah telah bebas dari organisme pengganggu tumbuhan karantina (OPTK) sesuai dengan persyaratan teknis negara tujuan ekspor,” jelas Zuhri dalam keterangan tertulis, Selasa (7/7/2020).

Menurut dia, para petani dan nelayan telah diberi pendampingan untuk memproduksi lidi nipah tujuan ekspor.

Hasilnya, ribuan pohon nipah yang tumbuh di sepanjang sungai, pantai dan kawasan rawa kini berhasil masuk pasar ekspor dan menjadi alternatif mata pencaharian baru bagi masyarakat Bangka Belitung.

“Sebelum dilakukan ekspor, pihak Karantina Pertanian Pangkalpinangpun memberikan pendampingan berupa bimbingan teknis bagi pemenuhan persyaratan negara tujuan,” sambung Zuhri.(adm/lip6)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.