30 Korban Banjir Bandang Terima Bantuan Rumah Baru

Korban banjir, di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, direkomendasikan di tempat yang lebih tinggi.

Laporan: A Putra

Lahat, Sumselupdate.com – Sebanyak 30 korban banjir, di Desa Gunung Kembang Kecamatan Kikim Timur, Kabupaten Lahat, direkomendasikan di tempat yang lebih tinggi.

Read More

Menurut Cik Ujang Bupati Lahat, pemerintah telah menganggarkan bantuan pembangunan rumah baru, di kawasan tinggi Desa Gunung Kembang, karena kawasan itu telah disetujui dan bukan kawasan raaan banjir.

“Ada 30 rumah yang kita buatkan di lokasi baru, lokasi ini telah disepakati bersama warga. Saya harap, mereka dapat menghuninya dan pindah dari lokasi yang lama, karena lokasi lama, di bantaran sungai, menjadi rawan banjir bandang,” kata dia, Senin (25/07/2022).

Ditambahkan Cik Ujang, nantinya lokasi kediaman lama, tempat rumah warga yang hanyut itu, dapat dijadikan aset desa.

“Iya bisa dijadikan aset desa, namun untuk tempat tinggal. Rumahnya cukup untuk keluarga, yakni tipe 36, dengan luas tanah 100 meter persegi, atau 10 x 10 meter,” ujar dia.

Sementara itu, dikatakan Limra Naufan, Kepala Dinas Perkim Kabupaten Lahat, pihaknya baru 2 tahun ini, merealisasikan bantuan rumah baru, karena runah lama paska banjir sudah menjadi Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Semoga dengan bantuan ini, warga tidak perlu lagi was was dengan adanya banjir bandang yang menimpa Desa Gunung Kembang, dan menghanyutkan rumah mereka pada tahun 2020 lalu. Baru kali ini terealisasi, karena memang baru lengkap administrasinya, kendala itu karena ada warga yang enggan pindah ke lokasi baru, dan ini sudah setuju semua,” tutur dia.

Senada disampaikan Firmansyah, salah seorang korban banjir, dirinya bersyukur bantuan rumah mulai terealisasi. Pihaknya meminta transparansi pihak yang memberikan bantuan, agar bangunan sesuai dengan spesifikasi yang dianggarkan.

“Semoga saja, tidak ada kendala. Kami berharap, bantuan ini diberikan secara ril, dan tidak ada dipotong potong,” ungkapnya. (**).

 

Yuk bagikan berita ini...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.