17 September, Kloter Pertama Pulang

Jamaah haji Indonesia di Madinah bersiap-siap pulang. (republika.co.id)

Makkah, Sumselupdate.com – Berakhirnya fase Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan dilanjutkan dengan fase pemulangan jAmaah haji Indonesia gelombang pertama. Kepala Bidang Transportasi Subhan Cholid mengatakan, kloter-kloter awal gelombang pertama akan mulai dipulangkan pada Sabtu (17/9/2016) dini hari.

“Jamaah gelombang pertama akan dipulangkan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAAIA) Jeddah,” kata Subhan, seperti dilansir republika.co.id, Rabu (14/9/2016).

Bacaan Lainnya

Menurut Subhan, pihaknya sudah menyampaikan jadwal pemulangan ke pihak muassasah, naqabah, dan syarikah agar disiapkan sarana transportasi yang akan membawa jemaah dari Makkah menuju Jeddah. “Insya Allah bus tetap up grade pada pemulangan ini,” ujar Subhan.

Sedikitnya ada 10 kloter yang akan kembali ke Tanah Air pada hari pertama pemberangkatan. Berdasarkan data yang dirilis dalam aplikasi Haji Pintar, ke-10 kloter yang akan dipulangkan pada tahap awal adalah JKS 001, JKG 001 dan JKG 002, BTH 001, MES 001, PDG 001, BDJ 001, SUB 001 dan SUB 002, serta UPG 001.

“Mereka sudah harus segera segera bersiap, karena penimbangan barang bawaan (koper) harus dilakukan 48 jam sebelum penerbangan,” ujar Subhan.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat menegaskan, akan memperketat pengawasan saat penimbangan barang di pemondokan. Hal ini dilakukan karena karena pada tahun ini check in barang akan langsung dilakukan di bandara, tidak lagi di Madinatul Hujjaj.

“Karena tahun ini ada perubahan di mana tidak ada lagi city check in, maka semua barang akan dikirim langsung ke bandara. Kalau di bandara, artinya barang tersebut akan dicek oleh pihak keamaanan arab Saudi,” ujar Arsyad.

Untuk itu, PPIH terus menyosialiasikan agar jamaah tidak membawa barang terlarang dalam koper, termasuk air zamzam. Pemeriksaan barang akan dilakukan dengan ketat bersamaan dengan penimbangan barang di pemondokan.

Adapun untuk pergerakan jemaah haji gelombang kedua dari Makkah ke Madinah akan mulai berlangsung pada 21 September mendatang. (pto)

Yuk bagikan berita ini...

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.