Home / Headline / Tunjuk Gina Haspel Jadi Direktur CIA, Trump Dikritik Senator
Presiden AS Donald Trump

Tunjuk Gina Haspel Jadi Direktur CIA, Trump Dikritik Senator

Washington, Sumselupdate.com – Presiden AS Donald Trump mencalonkan Gina Haspel menjadi Direktur CIA. Pro kontra ‘mewarnai’ pencalonan intelijen perempuan yang dianggap kontroversial itu.

Dilansir dari Reuters, Rabu (14/3/2018), Senator Roy Wayden dengan tegas menolak pencalonan Haspel. Haspel dianggap memiliki latar belakang yang tak cocok untuk menjadi Direktur CIA.

“Pencalonannya harus transparan mengenai latar belakang (yang diragukan) ini,” kata Wayden.

Kelompok HAM di AS juga memberi isyarat untuk menolak Haspel. “Haspel adalah pilihan yang sangat kontroversial, mengingat dia dilaporkan atas keterlibatan masa lalu dalam penyiksaan di ‘black sites’ CIA,” kata Wakil Presiden Human Rights First, Rob Berschinski.

“Senat harus menggunakan proses konfirmasinya untuk mengirim sinyal kuat tentang di mana negara ini berdiri untuk memperbaiki kesalahan masa lalu,” imbuhnya.

Sementara itu salah satu anggota penting Partai Republik yang juga anggota Senat, Richard Burr, berjanji akan mendukung pencalonan Haspel. Burr mengaku bangga dengan pekerjaan Haspel selama ini. Burr memastikan pencalonan Haspel akan segera dipertimbangkan Senat tanpa penundaan.

“Saya mengenal Gina secara pribadi, dan dia memiliki keahlian yang tepat, pengalaman dan pertimbangan yang tepat untuk memimpin salah satu lembaga paling penting di negara kita,” kata Burr.

Gina Haspel dianggap sebagai tokoh kontroversial karena diduga terkait dengan kekerasan di fasilitas penahanan atau ‘black site‘ CIA. Meski begitu, Trump memuji mantan Wakil Direktur CIA itu sebagai orang yang luar biasa. Haspel akan menggantikan Mike Pompeo yang ditunjuk sebagai Menteri Luar Negeri menggantikan Rex Tillerson. (adm3/dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.