Home / Headline / Tragis, 36 Penderita Gangguan Jiwa di Empat Lawang Masih Dipasung dan Jadi Perhatian
Salah satu penderita pasung saat di asesment tim pelaksana teknis dari Palembang dan Dinsos Empat Lawang, Senin (31/7/2017).

Tragis, 36 Penderita Gangguan Jiwa di Empat Lawang Masih Dipasung dan Jadi Perhatian

Tebing Tinggi, Sumselupdate.com – Tingginya jumlah orang dengan gangguan jiwa di Kabupaten Empat Lawang yang saat ini terdata pada Dinas Sosial Empat Lawang sebanyak 36 orang masih terpasung.

Hal ini langsung ditanggapi pihak Kementerian Sosial melalui Unit Pelaksana Teknis Provinsi Sumsel, sejumlah tim dari Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang datang ke Kabupaten Empat Lawang.

Dari 36 penderita pasung di Empat Lawang, 15 penderita gangguan jiwa diantaranya sudah di asesment tahap pertama dan akan ditentukan pengiriman ke panti sosial di Palembang atau ke panti sosial di Bengkulu untuk dilakukan tahap berikutnya.

“Tim pelaksana sudah datang kesini, bersama kami mendatangi rumah-rumah penderita pasung,” kata Kabid Rehabilitasi Sosial, Dinas Sosial Empat Lawang Elvansyah Muda kepada wartawan, Senin (31/7/2017).

Dikatakan Elvansya saat ini pihaknya mengurus administrasi rujukan dan jaminan kesehatan bagi penderita pasung. “Kalau bisa kami harapkan BPJS bisa membantu penerbitan kartu secepatnya,” ungkapnya.

Ia berharap program bebas pasung ini bisa didukung sehingga pada anggaranya tahu depan bisa ada. “Kami sudah mengusulkan untuk 2018 harapan kami di DPRD dibisa disetujui, karena tahun ini kecil sekali anggaran itu,” katanya.

Adapun penderit gangguan jiwa yang telah diasesment tahap awal oleh pelaksana teknis panti sosial dan pihak Dinsos Sumsel ternyata di Kecamatan Tebingtinggi terdapat satu orang yang dipasung di Desa Pajar Bakti.

Sselain itu di Desa Muara Saling satu orang, Desa Kebon satu orang, Karang Dapo Lama satu orang, Sikap Dalam dua orang, Padang Tepong satu orang, Muara Betung satu orang, Nanjungan Pendopo satu orang, Landur satu orang.

Kemudian Tanjung eran satu orang, Lingge satu orang Sukadana satu orang, Tanjung Tawang satu orang, Muara Pinang Baru satu orang, Lubuk Tanjung satu orang. (kms)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.