Home / Adv / Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bangkitkan Kembali Potensi Wilayah Pesisir Komering
  • Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menyerahkan bantuan pangan kepada warga dalam kunjungan kerjanya.

  • Bupati OKU Timur, HM Kholid MD memberikan arahan dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Buay Madang, Senin (9/10/2017).

  • Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menyematkan pin kepada petugas.

  • Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menebar bibit ikan dalam kunjungan kerjanya.

Program Pengembangan Wilayah

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Bangkitkan Kembali Potensi Wilayah Pesisir Komering

Martapura, Sumselupdate.com – Dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Buay Madang, Senin (9/10/2017) Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menyampaikan Program Pengembangan Wilayah Pesisir Komering yang meliputi Kecamatan Buay Pemuka Peliung, Buay Madang, dan Buay Pemuka Bangsa Raja.

Hadir dalam kunjungan kerja tersebut unsur Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika), seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), 3 camat terkait, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan warga sekitar.

Dalam kata sambutannya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) OKUT, Tubagus Sunarseno menyampaikan program kemajuan wilayah pesisir Komering yang terdiri dari bidang pertanian, perkebunan, perikanan, penataan perdagangan, dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah.

“Fokus program khusus di kawasan strategis jalur Komering diarahkan pada upaya penanggulangan ekonomi masyarakat,” jelas Tubagus.

Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menyerahkan bantuan pangan kepada warga dalam kunjungan kerjanya.

 

Sementara itu, Bupati OKU Timur HM Kholid MD mengatakan, wilayah OKUT terdiri dari 3 wilayah yang meliputi dari kawasan Martapura sebagai kawasan perkotaan, kawasan Belitang sebagai kawasan strategi Kota Terpadu Mandiri (KTM).

Baca Juga :  Serah Terima Penyuluh KB dan PLKB se-Provinsi Sumatera Selatan

Kemudian, kawasan jalur Komering sebagai kawasan strategis daerah tertinggal bantaran Sungai Komering.

Bupati OKU Timur, HM Kholid MD memberikan arahan dalam kunjungan kerjanya di Kecamatan Buay Madang, Senin (9/10/2017).

 

“Program utama dan unggulan wilayah Pesisir Komering ini akan dibangun wisata air, wisata kuliner, pengembangan Usaha Kecil Menengah, penataan perdagangan dan lain sebagainya. Program ini berguna untuk meningkatkan perekonomian dan menumbuhkan jiwa mandiri kepada masyarakat,” ujar Kholid Mawardi.

Kholid juga menjelaskan program yang akan dilaksanakan pada 2018 merupakan program dari masing-masing Dinas di OKUT meliputi Dinas Perikanan Budidaya ikan Bioflock di Desa Anyar, Kecamatan BP, Bangsa Raja.

Dinas Pertanian, Pengembangan kawasan tanaman Holtikultura, Optimasi lahan (penanaman padi pasca cetak sawah), perluasan sawah dan rehab jaringan irigasi di Kecamatan BP, Bangsa Raja, bantuan budidaya padi Hybrida di Kecamatan BP. Peliung, Bantuan budidaya Jagung Hybrida dan Kedelai di Kecamatan BP. Peliung dan BP, Bangsa Raja.

Untuk Dinas Koperasi & UKM akan melakukan Pelatihan Kewirausahaan (budidaya jamur Tiram) di Kecamatan BP. Peliung, Buay Madang BP, Bangsa Raja.

Baca Juga :  STKIP Nurul Huda Sukaraja OKU Timur Lepas 311 Sarjana Pendidik

Dari Dinas Kesehatan akan melakukan Kegiatan bakti sosial pengobatan gratis untuk masyarakat.

Sedangkan Program dari Dinas Pendidikan adalah membangun Jamban untuk Sekolah Dasar, Rehab ruang kelas di SDN 1 Bantan Rehab jamban SMP N 3 BP Peliung, pembangunan laboratorium SMP N 1 Buay Madang 5.

“Program Dinas Ketahanan Pangan Pembangunan Daerah rawan pangan di kecamatan Buay Madang, lalu Dinas PMD Selain kegiatan pengelolaan dana desa akan dibentuk juga Bumdes di masing masing desa,” papar Kholid.

Untuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPPD) Bupati akan meresmikan tim reaksi cepat Kecamatan dan Desa yang bertugas untuk membantu dalam penanggulangan bencana.


Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menyematkan pin kepada petugas.

 

“Saya mengajak masyarakat supaya mencontoh dan belajar bersama dengan orang yg telah berhasil, bangkitkan jiwa enterpreneur dan berani berinovasi, jangan pernah takut untuk belajar, jadilah masyarakat yang produktif,” harap Kholid.

Selain itu, Bupati menyampaikan kepada para OPD dan Camat saling kerja sama dan bantu masyarakat memanfaatkan lahan-lahan kosong. Selain itu untuk para Kepala Desa (Kades) dapat membantu masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

“Dengan terwujudnya program ini saya harapkan dapat mengurangi kesenjangan atau kemiskinan masyarakat di Kabupaten OKU Timur,” terang Kholid. (yul/adv)


Bupati OKU Timur, HM Kholid MD menebar bibit ikan dalam kunjungan kerjanya.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Program Padat Karya Banyuasin

Tanjung Lago, Sumselupdate.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *