Home / Headline / Tim Supervisi Keswa Kemenkes RI Apresiasi Program Keswa Muba
Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dan Tim Supervisi saat meninjau kebun yang dikelola oleh Sudarto pasien Pasung Yang Telah Sembuh di damping Kepala Desa dan Kepala Puskesmas Di Desa Epil Kecamatan Lais,

Tim Supervisi Keswa Kemenkes RI Apresiasi Program Keswa Muba

Sekayu, Sumselupdate.com – “Program Muba Bebas Pasung telah berjalan sejak lama dan belum lama ini telah dilakukan deklarasi Muba Bebas Pasung September Tahun 2017”, demikian ujar Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba dr H Taufik Rusydi, MKes, saat menyambut kedatangan tamu dari Tim Supervisi Kesehatan Jiwa (Keswa) dan Program Bebas Pasung Kemenkes RI di Ruang Rapat Dinkes Muba.

Lanjutnya, pada waktu membebaskan pasien pasung di lapangan, tim sekaligus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengajak masyarakat mendukung program Bebas Pasung ini dengan melaporkan kepada pihak kesehatan atau perangkat desa setempat.

“Apabila menemukan ODGJ (Orang Dengan Gangguan Jiwa-red) pasung agar segera ditindaklanjuti oleh petugas kesehatan dan semua perawatan pasien diberikan secara gratis oleh Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin,” jelasnya kepada sumselupdate.com, Rabu (29/11/2017).

Baca Juga :  PKK Dorong Produk UMKM Bisa Masuk Pasar Modern

Setelah melakukan kunjungan ke Dinkes Muba, Tim Supervisi dan Dinas Kesehatan Muba melakukan kunjungan langsung ke rumah pasien pasung yang telah sembuh, didampingi Kepala Desa dan Kepala Puskesmas Lais ke Desa Epil Kecamatan Lais.

Sudarto, pasien yang telah sembuh mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemkab Muba yang telah memberikan pengobatan gratis kepada dirinya sampai sembuh seperti ini. “Terima kasih juga kepada Tim Supervisi dan rombongan yang telah mengunjungi saya. Sekarang kegiatan saya sehari-hari berkebun”, ujarnya.

Baca Juga :  Dikeroyok 20 Orang, Honorer Dinas PU Meregang Nyawa di Parkiran Center Stage

Kasubdit Keswa Dewasa dan Lansia Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI dr. Edduwar Idul Riyadi, SpKJ, dalam sambutannya mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi program kesehatan jiwa yang ada di Kabupaten Muba.

Lanjutnya, setelah pihaknya melakukan kunjungan langsung ke Kabupaten Muba dan melihat hasil pengelolaan program jiwa di Muba ternyata lebih bagus dari yang dibayangkankan pihaknya.

“Program inovasi yang dilakukan Puskesmas Lais ini untuk mendukung program Keswa sangat bagus dan perlu dicontoh untuk puskesmas-puskesmas yang lain”, ujarnya. (est)  

Baca Juga

Kabar Duka, Darmadi Anggota DPRD Muaraenim Meninggal Dunia

Muaraenim, Sumselupdate.com – DPRD Kabupaten Muaraenim kembali kehilangan anggota legislatifnya. Kali ini, anggota dari Fraksi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *