Home / Headline / Tiap Air Musi Pasang, Warga Transmigrasi di Wilayah Ini Selalu Jadi Langganan Banjir

Tiap Air Musi Pasang, Warga Transmigrasi di Wilayah Ini Selalu Jadi Langganan Banjir

Sekayu, Sumselupdate.com – Tingginya debit air Sungai Musi saat ini membuat sebagian wilayah di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mulai tergenang, seperti halnya di Kecamatan Sanga Desa ditemukan beberapa desa mulai
digenangi banjir akibat luapan aliran sungai.

Kapolsek Sanga Desa Iptu Muklis mengatakan Kanit Binmas Bripka Tulus Ade, Bhabinkamtibmas Brigpol Yopis Robita dan Banit 1 Brigpol M Hendarsin bersama Sekcam Sandes Aizen telah melakukan pengecekan lokasi banjir di Trans SP 3, Desa Jud 1, Kecamatan Sanga Desa, Kabupaten Muba.

‘’Saat ini ketinggian air di Trans SP 3 mencapai 1,5 meter dan personil kita menuju ke lokasi tersebut sudah menggunakan perahu, memang di sana merupakan daerah rawan banjir, apalagi disertai curah hujan yang cukup tinggi seperti saat ini,’’ jelasnya, Rabu (14/3/2018).

Di lokasi tersebut didiami sebanyak 32 kk dan 96 jiwa dan mereka masih bertahan di rumah mereka masing-masing. Disamping melakukan pemantauan anggota juga memberikan imbauan kepada masyarakat agar dapat berhati-hati, khususnya bagi mereka yang mempunyai anak kecil agar selalu dipantau, jangan sampai menjadi korban.

Selanjutnya berdasarkan hasil koordinasi dengan pihak UPTD Trans SP3, pihak UPTD akan menyediakan kemp pengungsian bagi masyarakat yang berlokasi di sebuah sekolah di wilayah tersebut.

Disamping itu akibat banjir, segala bentuk tanaman masyarakat menjadi sia-sia. Bahkan sawit sudah beberapa kali
ditanam mereka tanam, namun gagal panen akibat posisi lahan garapan lebih rendah dari pada permukaan air. Tak hanya itu, November 2016 lalu, lokasi tersebut sempat ditinggalkan oleh warga karena banjir. (est)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.