Home / Headline / Terkendala Pembebasan Lahan, Jembatan Musi VI Terancam Molor
Pintu masuk Jembatan musi IV dari seberang ilir.

Terkendala Pembebasan Lahan, Jembatan Musi VI Terancam Molor

Palembang, Sumselupdate.com -Pengerjaan pembangunan Jembatan Musi VI Palembang terancam molor menyusul belum rampungnya masalah pembebasan lahan. Pihak kontraktor mengaku kesulitan untuk menyelesaikan pembangunan fisik karena rumah warga yang masih berada di lokasi proyek.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Jembatan Musi VI Palembang, Joko Saputro, Rabu (14/3/2018) mengungkapkan, sebanyak lima rumah di bagian Seberang Ulu belum diganti rugi. Sementara untuk Seberang Ilir masih ada 25 rumah yang belum dibebaskan.

Joko mengatakan, dengan kondisi ini pihaknya tidak bisa melakukan pembangunan fisik dibagian pangkal jembatan yang meliputi Pier 3, Pier 2, Pier 1 dan Abutmen di bagian seberang ilir. Sementara untuk seberang ulu Pier 11 dan abutmen sama sekali belum dipasang karena masih terhalang rumah warga.

“Sementara ini kami kerjakan mana yang bisa dikerjakan saja, untuk pekerjaan fisik yang belum dibebaskan kami tinggalkan,” ujar Joko.

Progres pembangunan Jembatan Musi VI kini telah mencapai 61,07 persen. Belum rampungnya masalah pembebasan lahan diakui Joko sedikit mempengaruhi target pengerjaan dengan deviasi sebesar minus 0,1 persen.

Joko berharap pembebasan lahan dapat segera diselesaikan agar pembangunan jembatan dapat selesai sesuai target sebelum pelaksanaan Asian Games 2018.

“Bila belum ada kepastian kami juga khawatir apakah nanti bisa selesai tepat waktu. Doakan saja lahan segera rampung jadi semua selesai tepat waktu,” pungkasnya. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.