Home / Headline / Takut Kebanjiran Warga Gotong Royong Bersihkan Siring
Warga gotong royong membersihkan saluran air.

Takut Kebanjiran Warga Gotong Royong Bersihkan Siring

Baturaja,Sumselupdate.com – Karena sering mengalami kebanjiran jika datangnya musim hujan, warga Bungur, RT11/5, Kelurahan Sukajadi mengadakan gotong royong membersihkan siring utama yang mampet akibat tertutup sampah, tanah dan rumput liar dipimpin langsung oleh Ketua setempat, M Akib.

Ditemui dikegiatan gotong royong tersebut, M Akib mengatakan, kawasan RT11/5 Bungur, Kelurahan Sukajadi memang sering mengalami kebanjiran bahkan pernah hampir satu meter.

“Terakhir kami kebanjiran malam Jum’at sebelumnya sekitar jam 11 malam, bahkan ketinggian air dijalan utama hingga mencapai 60 cm. Seluruh kawasan tergenang air. Kampung ini jadi mirip seperti ditengah danau. Itu belum seberapa dibanding tahun lalu,” katanya.

“Kalau banjir kecil setinggi 30 cm itu biasa bagi kami setiap hujan deras mengenangi jalan utama bungur. Tapi yang buat kami was-was jika hujan deras berturut-turut tiap hari dengan intensitas yang cukup lama,” ujar Ketua RT dua periode ini.

Baca Juga :  Tumbangkan Wakil Denmark, Marcus/Kevin Pertahankan Gelar India Open

Ditanya soal perhatian pemda, M Akib merasa kawasan Bungur RT 11 RW 05 seperti di anak tirikan. “Perhatian Pemda terhadap kawasan ini dirasa masih kurang, cobalah lihat sudah sering kebanjiran jalan rusak parah, siring banyak rusak dan masih mengandalkan yang lama, kalaupun ada yang baru dirasa masih kurang dan belum tuntas,”paparnya.

“Ditambah lampu penerangan jalan belum ada, padahal kami ini terletak tidak jauh dari pusat kota Baturaja. Sebenarnya kami sudah mengusulkan perbaikan jalan dan siring sejak masih RW lama dulu Pak Duan. Tapi sampai sekarang belum ada tindak lanjut. Oleh karena itulah daripada menunggu yang belum pasti, lebih baik kami berinisiatif melakukan yang kami bisa seperti gotong royong pada pagi hari ini,” ungkapnya.

Baca Juga :  Debit Air Sungai Ogan Meningkat, Beberapa Desa di OKU Mulai Terendam Banjir

Hal tersebut dibenarkan mantan Ketua RW5, Duan Sipni R, selama ia menjadi RW periode 2013-2016 kawasan RT 11 RW 05 Bungur sudah lebih dari lima kali kebanjiran dan tiga kali yang paling besar sampai masuk ke rumahnya hingga 30 cm.

“Kejadian tersebut sekitar awal tahun 2015. Ketinggian air di bagian yang rendah hampir mencapai 1 meter. Untung siang hari. Waktu itu saya dan Pak M Akib sudah pernah mengajukan usulan perbaikan jalan dan siring ke PU. Tapi hanya terealisasi siring besar yang tidak tuntas. Masih menyisakan galian siring yang tidak diselesaikan. Sedih saya sebenarnya melihat kawasan ini, seperti hampir tidak ada perbaikan meski sudah ganti bupati dan anggota dewan,” cetus mantan RW ini. (wid)

Baca Juga

Iran Sebut Semua Pangkalan Israel dalam Jangkauan Rudal yang Siap Diluncurkan

Teheran, Sumselupdate.com – Wakil komandan Korps Garda Revolusi Iran (IRGC), Jenderal Hossain Salami, mengancam akan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *