Home / Headline / Tak Bayar THR Bisa Dipidanakan
Ilustrasi THR

Tak Bayar THR Bisa Dipidanakan

Baturaja, Sumselupdate.com – Ketua Harian Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Ogan Komering Ulu (OKU), Herman mengingatkan agar pihak perusahan memperhatikan dan merealisasikan Tunjangan Hari Raya (THR) bagi karyawannya.

Mereka memantau realisasi THR ini. Bahkan jika ada yang tidak merealisasikan THR untuk karyawannya akan melaporkan perusahaan yang tidak membayarkan THR.

“Sanksinya sesuai ketentuan. Bahkan kalau surat teguran diabaikan, kita akan pidanakan,” kata Herman saat dibincangi wartawan, Senin (19/6/2017).

Dikatakannya pemberian THR kepada karyawan diatur dalam Permenaker 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan Bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

Baca Juga :  Tiga Jemaah Haji Pembawa Uang Dibebaskan

“THR adalah pendapatan non – upah yang wajib dibayarkan oleh pengusaha pada pekerja setiap menjelang Idul Fitri,” katanya.

Advertisment

Mengenai besaran THR bagi para pekerja, lanjut Herman, bahwa para pekerja yang bekerja minimal tiga bulan wajib mendapat THR satu kali gaji bulanan. Sedangkan buruh dengan masa kerja di bawah tiga bulan, mendapat THR sesuai dengan kebijakan perusahaan masing – masing.

“Di dalam Permenaker tersebut, upah satu bulan tersebut adalah gaji pokok ditambah tunjangan tetap setiap bulannya atau sejumlah nominal gaji utuh tiap bulannya,” ujarnya.

Baca Juga :  OKU Akan Miliki Alat Penguji Tera

Menurut dia, jika ada perusahaan yang tidak membayarkan THR sesuai dengan ketentuan, maka akan dikenai sanksi. Jika pembayaran THR baru dilakukan perusahaan seusai lebaran, maka perusahaan dikenai denda sebesar 5 persen dari nominal THR yang menjadi hak pekerja.

”Jadi kami mengharapkan agar perusahaan yang beroperasi di OKU untuk mentaati aturan yang berlaku,” ujarnya. (Wid)

Baca Juga

​Sebanyak 316 Unit Rumah Tak Layak Huni Terima BSPS

Martapura, Sumselupdate.com – Sebanyak 316 unit rumah yang masuk dalam kategori tidak layak huni di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *