Home / Headline / Selat Sunda dan Lampung Selatan Diguncang Gempa
Ilustrasi gempa

Selat Sunda dan Lampung Selatan Diguncang Gempa

Jakarta, Sumselupdate.com – Dua daerah di Indonesia diguncang gempa. Gempa pertama mengguncang wilayah selat Sunda pada pukul 01.02 dinihari tadi dengan kekuatan 5,0 skala richter.

Gempa tersebut terjadi dengan koordinat episenter pada 6,18 Lintang Selatan dan 105,31 Bujur Timur.

“Atau tepatnya di laut pada jarak 78 km arah barat daya Kota Cilegon, Banten pada kedalaman 10 km,” kata Kepala Pusat gempa bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi kepada Liputan6.com, Jakarta, Minggu (15/4/2018).

Dia menambahkan, dampak gempa bumi yang digambarkan oleh modelling peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan getaran dirasakan di daerah Kalianda, Bandar Lampung, Pandeglang, dan Serang dalam skala intensitas II SIG-BMKG (III MMI).

Baca Juga :  Disnaker OKU Mengaku, Belum Terima Laporan yang Kerja Maupun Belum

“Hingga laporan ini dibuat masih belum ada informasi dirasakan dari masyarakat,” ujar dia.

Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa yang ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi di lokasi itu dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik (thrust fault).

“Hingga pukul 01.20 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” kata Riyadi.

BMKG mengimbau masyarakat sekitar agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca Juga :  Gempa 6,3 Magnitudo Guncang Kawasan Pesisir Pakistan

Sementara itu, gempa bumi kedua dengan kekuatan 5,1 SR terjadi di Kabupaten Lampung Timur. Gempa tidak berpotensi tsunami.

Berdasarkan keterangan dari website BMKG, gempa terjadi pada pukul 01.02 WIB, Minggu (15/4/2018). Kedalaman gempa berada di 10 km dalam laut.

Titik gempa tepatnya di 71 km baratdaya Lampung Selatan. Lokasinya yakni di 6.17 LS-105.34 BT.

Belum diketahui ada tidaknya kerusakan akibat gempa. Hingga saat ini belum ada laporan korban akibat peristiwa tersebut. (dtc/lip)

Baca Juga

Ada Soal Porno di UN SMP, Disdik Sumsel Segera Investigasi

Palembang, sumselupdate.com – Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan segera melakukan koordinasi terkait dengan soal ujian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *