Home / Headline / Sekda Sumsel: Satgas Saber Pungli Diharapkan Beri Efek Jera

Sekda Sumsel: Satgas Saber Pungli Diharapkan Beri Efek Jera

Palembang, Sumselupdate.com – Satgas Saber Pungli menyosialisasikan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2016 di Hotel Aryaduta, Palembang, Kamis (14/9/2017). Selama empat jam Satgas mengupas upaya apa saja yang harus digiatkan untuk memberantas pungli di daerah.

Sekretaris Daerah Sumsel Nasrun Umar mengatakan, satgas memiliki peranan penting dan strategis, karena praktik pungli telah merusak sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Sehingga perlu upaya pemberantasan secara tegas, terpadu, efektif, efisien agar dapat menimbulkan efek jera.

“Pemprov Sumsel menyambut baik dan mengapresiasi serta mendukung penuh upaya sosialisasi tersebut. Alhamdulillah kita merasa terhormat, Sumsel dipilih sebagai tempat sosialisasi ini. Maka saya meminta seluruh aparat di Sumsel, untuk mengikuti secara cermat dan penuh tanggungjawab. Karena tim satgas ini memberikan pencerahan sehingga dalam pelaksanaan kedepan akan terbebas dari pungli,” ungkapnya.

Dikatakan Nasrun, penanganan pungli sudah menjadi salah satu prioritas  karena banyaknya keluhan tentang pungli yang diterima Presiden. Menurut Presiden, jika pungli tidak ditangani, maka pengusaha dan investor akan semakin malas berinvestasi di Indonesia.

Secara tidak langsung, merajalelanya pungli, juga akan menurunkan daya saing produk-produk ekspor. “Kita akan selalu kalah bersaing dengan negara-negara lain, baik di tingkat ASEAN maupun di tingkat persaingan global,” terangnya.

Untuk cara kerjannya, Nasrun menuturkan, satgas saber pungli menekankan  pada empat fungsi yakni fungsi intelijen, pencegahan, penindakan, dan yustisi. Fungsi itu dapat berwujud membangun sistem pencegahan,  pengumpulan data dan informasi dari Kementerian atau lembaga yang menggunakan teknologi.

“Ditambah mengkoordinasikan dan melakukan operasi tangkap tangan,  hingga memberikan rekomendasi kepada pelaku pungli sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta memberikan rekomendasi pembentukan dan pelaksanaan tugas unit saber pungli di setiap instansi penyelenggara pelayanan publik,” pungkasnya. (adi)

Baca Juga

Perbasi Palembang Incar Atlet Potensial

Palembang, Sumselupdate.com – Pengurus Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Kota Palembang berharap geliat pebasket muda di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *