Home / Headline / Sekda Muaraenim Minta KONI Berdayakan Atlet Lokal
Sekda Muaraenim H Hasanudin saat mengalungkan tanda peserta dalam kegiatan peningkatan jumlah dan kualitas serta kompetensi pelatih, peneliti, praktisi dan teknisi olahraga di Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim kemarin.

Sekda Muaraenim Minta KONI Berdayakan Atlet Lokal

Muaraenim, Sumselupdate.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Muaraenim H Hasanudin meminta setiap even olahraga yang diikuti Bumi Serasan Sekundang, harus memberdayakan atlet lokal.

“Saya selalu ingatkan kepada Dispora, dan pengurus KONI, saya tidak ingin melihat keberhasilan Muaraenim diwarnai oleh atlet-atlet yang hadir dari daerah lain. Saya tidak bangga,” ujar Sekda saat membuka kegiatan peningkatan jumlah dan kualitas serta kompetensi pelatih, peneliti, praktisi dan teknisi olahraga di Hotel Griya Serasan Sekundang Muaraenim, Kamis (7/12/2017).

Meskipun peringkat Kabupaten Muaraenim pada ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sumsel yang dilaksanakan di Palembang beberapa waktu lalu menurun, lanjut Hasanudin, dirinya tetap merasa bangga.

“Namun kita tetap bangga karena semua atlet yang diterjunkan asli milik Kabupaten Muaraenim. Bahkan salah satu anak kita asli Desa Ujan Mas berhasil menyumbangkan dua medali emas di ajang provinsi ini,” tuturnya.

Baca Juga :  Gerbang Tol Bogor Antre 2 Kilometer

“Dari dulu saya katakan, tidak ada gunanya prestasi setinggi langit, kalau atlet itu dari luar daerah. Lebih baik kita berada paling belakang sekali, tapi asli atlet kita,” tambahnya.

Pada Porprov XI Sumsel, Muaraenim hanya mampu menduduki posisi ke empat. Sedangkan pada Porprov X Sumsel di Lubuk Linggau 2015 lalu, Muaraenim meraih peringkat tiga.

Meski peringkatnya menurun, kata Sekda, perolehan medali emas Kabupaten Muaraenim meningkat yakni sebanyak 30 medali. Sedangkan pada Porprov di Lubuk Linggau hanya meraih 27 medali emas.

Di sisi lain, dirinya mengizinkan Sumber Daya Manusia (SDM) dari luar daerah untuk meningkatkan prestasi, namun khusus pembina atlet saja. “Kalau untuk membina atau membimbing boleh-boleh saja dari luar daerah, tapi jika untuk bertanding saya rasa tidak perlu,” imbuhnya.

Baca Juga :  Debut Perdana Wildansyah di Ajang TSC 2016

Di samping pembinaan atlet, sambungnya, yang perlu diperhatikan saat ini ialah gizi bagi para atlet. Selain itu, katanya, pelatih, pengurus cabang olahraga, teknisi dan organisasi terkait harus bersinergi membangun dunia olahraga sehingga prestasi atlet Muaraenim bisa meningkat

Sementara itu, Ketua pelaksana kegiatan, Jumalana, menjelaskan kegiatan tersebut diikuti oleh 50 peserta terdiri dari pelatih, pengurus, dan teknisi sepak takraw, renang, bulutangkis, sepakbola, dan pencak silat di Kabupaten Muaraenim.

“Diharap melalui pelatihan yang berlangsung tiga hari, 7-9 Desember 2017 ini dapat meningkatkan kompetensi pengurus sehingga pembinaan atlet maksimal,” jelas Jumalana, yang juga Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga, Dinas Kepemudaan dan Olahraga Muaraenim. (azw)

Baca Juga

Rapat Raperda Pesta Rakyat Menjadi Perdebatan

Sekayu, Sumselupdate.com – Rapat Pesta Rakyat di Ruang Banmus DPRD Muba yang dimotori oleh Pansus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *