Home / Headline / Satu Wakil Rakyat OKU Tak Laksanakan Reses
Gedung DPRD OKU

Satu Wakil Rakyat OKU Tak Laksanakan Reses

Baturaja, Sumselupdate.com – Reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) teryata tak dijalankan sepenuhnya oleh para wakil rakyat.
Hal itu disampaikan Kabag Persidangan dan Hukum Baharudin SE, MM didampingi Kasubag Persidangan dan Risalah Subiyantoro Sip saat dibincangi di ruang kerjanya, Selasa (4/4/2017).
“Ada satu anggota dewan yang tidak melaksanakan reses. Alasanya, ada urusan keluarga. Karena ada anggota keluarga nya yang menikah,” jelasnya.
Sigit menjelaskan, dengan tidak melaksanakan reses, maka hak-hak dan fasilitas untuk pelaksanaan reses yang bersangkutan tidak diberikan, diantaranya dana pertama perjalanan dinas, uang kursi, tenda, snek saat pelaksanaan. “Hak-hak seperti itu tidak kita berikan karena yang bersangkutan berhalangan melaksanakan reses,” ujarnya.
Disamping itu, Sigit menjelaskan, sebenarnya pelaksanaan reses ini diatur Undang-undang Nomor 17 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3). Selain itu, juga diatur dalam PP nomor 16 tentang Pedoman Penyusunan Peraturan DPRD mengenai tata tertibDPRD.
Lebih dari itu, tahun sebelumnya reses dilakukan secara berkelompok. Namun tahun ini dilaksanakan perorangan. “Yang mengatur jadwal dan lokasi adalah seketarit, berkoordinasi bersama anggota dewan yang akan melaksanakan,” jelasnya.
“Satu anggota dewan dapat kesempatan 6 kali melaksanakan reses dalam satu kali kegiatan,” tambah Sigit. Diketahui sejak 20-31 Maret, anggota DPRD OKU sudah melakukan reses. (wid)
Baca Juga :  Anggota DPRD Palembang Sampaikan Hasil Reses dan Dua Agenda lain di Sidang Paripurna

Baca Juga

Rapat Raperda Pesta Rakyat Menjadi Perdebatan

Sekayu, Sumselupdate.com – Rapat Pesta Rakyat di Ruang Banmus DPRD Muba yang dimotori oleh Pansus …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *