Home / Headline / Sampah Itu Bukan Ditumpuk, Tapi Sebaiknya Diolah
Tumpukan sampah.

Sampah Itu Bukan Ditumpuk, Tapi Sebaiknya Diolah

PALI, Sumselupdate.com – Melihat pemberitaan di sejumlah media mengenai menggunungnya sampah yang menghiasi jalan simpang bandara Kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, membuat sejumlah tokoh masyarakat baik dari aktivis lingkungan hingga anggota legislatif PALI angkat bicara.

Hanar Dono, aktivis lingkungan yang bergerak di sektor sampah di Kecamatan Tanah Abang menilai agar tidak terjadi penumpukan seperti itu, pemkab sebaiknya membuat tempat pengelolaan sampah. “Untuk mengurangi timbunan, sebaiknya sampah-sampah itu dikelola. Fungsikan tempat pengelolaan sampah di tiap desa. Sehingga, sampah yang ada tidak menumpuk dan menggunung seperti di berita itu,” jelasnya.

Baca Juga :  Waww.. Pohon Pisang Berjantung Lima Hebohkan Warga Pendopo

Pria yang kini konsen mengelolah sampah dan menjadi inisiator terbentuknya Bank Sampah di Kecamatan Tanah Abang itu juga meminta pemerintah membuat regulasi yang jelas terkait pengelolaan sampah.

“Pengelolaan dimulai dari pemilahan jenis sampah dan sumbernya, setelah itu yang bisa didaur ulang maka nantinya bisa menciptakan nilai ekonomis tinggi dari sampah itu tadi. Kemudian, tidak cukup sampai disitu, regulasi, kebijakan dan aturannya juga harus jelas supaya para pengolah sampah bisa hidup dan makan juga,” tambahnya.

Baca Juga :  Warga sekitar Terminal Pendopo Keluhkan Sampah yang membusuk

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD PALI, Irwan ST, meminta pada pihak instansi terkait agar lebih ekstra lagi dalam menyelesaikan persoalan ini, jangan sampai menimbulkan permasalahan baru.

“Paling tidak harus ada tindakan, jangan menjadi hama atau wabah bagi masyarakat. Apalagi pada saat ini musim hujan, jangan menjadi permasalahan baru. Untuk masyarakat juga harus memaklumi, jangan sekedar bisa saling menyalahkan, tahun depankan sudah di anggarkan dan kemungkinan lebih baik lagi.” pungkasnya. (adj)

Baca Juga

Demo Ojol di Depan Gedung DPR Dimulai, Lalin Ditutup

Jakarta, Sumselupdate.com – Massa ojek online yang tergabung dalam Gerakan Roda Dua (Garda) mulai melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *