Home / Edukasi / Ramadhan, BBPOM Palembang: Waspadai Tahu dan Mie Berformalin

Ramadhan, BBPOM Palembang: Waspadai Tahu dan Mie Berformalin

Palembang, sumselupdate.com – Sejak mulai memasuki bulan Ramadhan, Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Palembang sudah melakukan pemantauan serta pengawasan ketat terhadap makanan untuk berbuka puasa dan sahur yang beredar di masyarakat, terutama di Pasar Beduk.

Kepala Balai BPOM di Palembang Dewi Prawitasari, Kamis (24/5/2018) menyampaikan pihaknya sejak memasuki bulan suci ramadhan 2018 ini telah melakukan pengawasan atau sidak terhadap sejumlah makanan berbuka yang dijual di berbagai pasar beduk di Palembang, guna memastikan bahwa makanan yang dijual tersebut sehat dikonsumsi manusia.

Dijelaskannya setiap hari pihaknya menurunkan tiga tim yang disebar di beberapa pasar beduk, untuk mengawasi secara langsung makanan yang beredar, dan apabila ditemukan makanan tidak layak konsumsi maka akan ditindak dan diarahkan untuk tidak dijual kepada masyarakat.

“Pengawasan dilakukan untuk memastikan bahwa makanan yang dijual di pasar-pasar bedug sudah aman dikonsumsi manusia, artinya itu tanpa formalin atau zat kimia yang berbahaya dan sejenisnya,” jelasnya.

Terkait hal ini, Balai Besar POM terus komitmen melakukan pengawasan terhadap pedagang-pedagang nakal yang memberikan bahan pengawet di dalam makanan yang dijualnya, untuk itu tim BPOM juga akan terus melakukan sidak bersama dinas terkait.

“Kalau pada saat dilakukan sidak ada ditemukan pedagang nakal, akan langsung ditindak. Kan bahaya kalau sampai makanan itu dikonsumsi oleh masyarakat yang sedang berpuasa,” tegasnya.

Ditambahkan Dewi, untuk Ramadhan tahun ini BBPOM Palembang masih menemukan makanan yang menggunakan bahan berbahaya yakni formalin dan zat kimia dan itu terdapat pada makanan seperti tahu dan mie basah. Oleh karenanya dihimbau agar masyarakat juga bijak dalam membeli makanan selama bulan ramadhan. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.