Home / Headline / Raih Anugerah Dana Rakca, Sumsel Dihadiahi Dana Insentif Rp 64,75 M
Gubernur Sumsel menerima Anugerah Dana Rakca dari Presiden RI di Istana Bogor, Rabu (6/12/2017).

Raih Anugerah Dana Rakca, Sumsel Dihadiahi Dana Insentif Rp 64,75 M

Bogor, Sumselupdate.com – Prestasi gemilang kembali diraih Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Kali ini, Sumsel mendapat anugerah Dana Rakca, sekaligus dihadiahi Dana Insentif Daerah (DID) Rp. 64,75 Milyar karena berkinerja baik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah.

Penganugerahan tersebut diberikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada acara Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2018 dan penyerahan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa Tahun 2018 kepada seluruh gubernur se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Rabu (6/12/2017).

Selain Provinsi Sumatera Selatan, dua provinsi lainnya yakni Jawa Timur dan Sumatera Barat juga mendapat Anugerah Dana Rakca.

Provinsi Sumsel menjadi salah satu penerima penghargaan Dana Rakca karena dinilai memenuhi berbagai kriteria utama penerima Dana Rakca Award, diantaranya pemerintah daerah telah mendapatkan opini WTP atau WDP dari BPK atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) dan bisa menetapkan Perda APBD tepat waktu.

Baca Juga :  Hendak Ikuti Apel Bulanan, Pegawai Pemkab PALI Dibegal di Jerambah Besi

Hasil dan dan capaian tersebut menjadi dasar penghitungan Dana Insentif Daerah (DID) 2017 yang didasarkan pada kinerja keuangan daerah, melalui pendekatan yang mengedepankan tiga indikator, yaitu kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, layanan dasar publik dan ekonomi serta kesejahteraan. Sebagai peraih Anugerah Dana rakca 2017, Pemerintah Provinsi Sumsel pun dihadiahi DID sebesar Rp. 64,75 Milyar.

Dengan mendapat Anugerah “Dana Rakca” Tahun 2017, Sumsel dinilai sebagi daerah yang berkinerja baik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, penyelenggaraan layanan dasar publik dan perekonomian daerah.

Melalui Dana Rakca Award diharapkan dapat mendorong daerah untuk mengembangkan inovasi dan kreatifitas dalam membangun daerah, sesuai dengan karakteristik daerah masing masing untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga :  Ratusan Prajurit Korem 044/Gapo Jelajah Gunung Dempo

Dalam kesempatan ini, melalui penyerahan DIPA 2018, Presiden Jokowi meminta para menteri dan kepala daerah tetap berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas pokok dan saling sinergi dalam bekerja. Jokowi juga meminta semua kepala daerah menjaga iklim  investasi di daerah masing-masing.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin membenarkan bahwa Sumatera Selatan dan dua provinsi lainnya mendapat Anugerah Dana Rakca. “Ini karena Sumsel dinilai berkinerja terbaik dalam aspek pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik, kesejahteraan masyarakat dan pelayanan pemerintahan umum”, jelasnya.

Alex Noerdin pun mengaku bersyukur atas penghargaan yang diraih provinsi ini. “Alhamdulillah, ini tentu menjadi hadiah bagi segenap masyarakat Sumsel sekaligus motivasi untuk terus berbuat yang terbaik agar provinsi ini semakin maju dan diperhitungkan dalam setiap aspek pembangunan,” pungkasnya. (shn)

Baca Juga

Soal KIP dari Jokowi, Kadisdik Sebut Sumsel Lebih Dulu Lewat PSG

Palembang, Sumselupdate.com – Berkaitan dengan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo beberapa hari lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *