Home / Headline / Puji Kim Jong Un Soal Dialog dengan Korsel, Putin: Cerdik dan Dewasa
Presiden Rusia Vladimir Putin

Puji Kim Jong Un Soal Dialog dengan Korsel, Putin: Cerdik dan Dewasa

Moskow, Sumselupdate.com – Presiden Rusia Vladimir Putin ikut angkat bicara mengenai pertemuan antara Korea Utara dan Korea Selatan. Menurutnya dalam hal ini Pemimpin Korut Kim Jong Un telah bersikap cerdik dan dewasa.

Hal tersebut disampaikan Putin dalam sebuah pernyataan kepada wartawan Rusia, Kamis (11/1), seperti dikutip dari detikcom yang melansir dari Reuters, Jumat (12/1). Putin menilai Kim Jong Un telah memenangkan kebuntuan yang terjadi antara dua Korea mengenai program nuklir dan rudalnya.

Korea Utara dan Korea Selatan menggelar dialog pada Selasa (9/1) lalu setelah ‘vakum’ selama 2 tahun. Menurut Putin, hanya pertemuan dan pembicaraan yang bisa menyudahi kebuntuan.

Sebelumnya, Presiden AS Donald Trump juga memuji pertemuan dua Korea. Pertemuan tersebut diharapkan Trump bisa membuka jalan bagi dialog antara Korut dengan AS.

CNN melaporkan, sehari setelah Korsel dan Korut menggelar pembicaraan resmi, Trump menghubungi Presiden Korsel Moon Jae-In. Dalam percakapan itu, Trump menyatakan tidak akan ada aksi militer selama dialog Korsel-Korut berlanjut.

“Saya harap Anda memberitahu mereka (Korut) bahwa tentu tidak akan ada aksi militer selama dialog antar-Korea berlangsung,” ucap Trump seperti dikutip Istana Kepresidenan Korsel atau Blue House dalam pernyataannya, Kamis (11/1). (Adm3/dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.