Home / Headline / Polisi Temukan 1 Hektare Ladang Ganja di Nias
Polres Nias Selatan menemukan 1 hektare lahan ganja

Polisi Temukan 1 Hektare Ladang Ganja di Nias

Nias Selatan, Sumselupdate.com – Tim gabungan Polres Nias Selatan menemukan ladang ganja di kawasan perbukitan Desa Hilinamozaua Raya, Kecamatan Onolalu, Kabupaten Nias Selatan. Luasnya 1 hektare

“Tim mencari keberadaan ladang ganja tersebut sejak Rabu dini hari,” kata Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal Napitipulu dalam keterangan tertulisnya, Rabu (13/6/2018) seperti dikutip dari detikcom.

Polisi berhasil menemukan ladang ganja tersebut pada siang hari. Namun pemilik lahan ganja tersebut tidak berada di lokasi.

“Saat polisi tiba di ladang ganja, pemilik lahan tanaman ganja tersebut tidak ada di lokasi,” tambahnya.

Meski tidak menemukan pengelola pohon ganja, personel yang ada di lokasi terus mencari dan menggeledah rumah yang ada di lahan kebun ganja tersebut.

“Kita sudah periksa seluruh lokasi, termasuk bangunan yang diduga dijadikan tempat tinggal pemilik ladang ganja,” jelas Faisal.

Polisi sudah mengantongi identitas petani ganja, yang diduga melarikan begitu mengetahui aparat datang. Untuk mengelabui petugas, sambung Faisal, pelaku menanam ganja di antara tanaman cabai dan jagung.

“Jadi pelaku berusaha menyembunyikan tanaman ganja miliknya dengan menanam ganja di antara pohon cabai dan jagung. Pelaku juga menanam 3 ranjau paku di sekitar lokasi kebun agar orang lain yang masuk ke kebunnya terkena paku. Dua personel kita mengalami luka di kaki akibat terkena ranjau paku tersebut,” sambung Faisal.

Masih kata Faisal, pelaku sudah beberapa kali panen. Bupati Nias Selatan Hilarius Duha, yang ikut melihat temuan ladang ganja tersebut, mengapresiasi dan mengucapkan selamat kepada Kapolres Nias Selatan dan seluruh personel karena sudah berhasil mengungkap kebun ganja tersebut. Bupati mengatakan wilayah Nias Selatan cukup luas dan hutan masih banyak, sehingga memungkinkan orang-orang tertentu untuk melakukan penanaman daun ganja.

“Kami Forkopimda, khususnya Kapolres, sudah berkomitmen akan terus melakukan penyisiran-penyisiran di area hutan untuk memberangus keberadaan narkotika di Kabupaten Nias Selatan,” tegas Hilarius.

Saat ini, 151 batang pohon ganja siap panen diamankan di Polres Nias Selatan untuk proses penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut. Petugas Satuan Reserse Narkoba Polres Nias Selatan masih mengejar warga yang menanam pohon ganja tersebut. (adm3/dtc)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.