Home / Headline / PM Kanada Serukan Penyelidikan Tewasnya 60 Warga Palestina di Gaza
Bentrokan di Jalur Gaza

PM Kanada Serukan Penyelidikan Tewasnya 60 Warga Palestina di Gaza

Ottawa, Sumselupdate.com – Perdana Menteri (PM) Kanada Justin Trudeau menyerukan adanya penyelidikan independen atas tewasnya 60 warga Palestina yang ditembak tentara-tentara Israel saat aksi demo di perbatasan Gaza.

“Penggunaan kekuatan secara berlebihan dan peluru tajam yang dilaporkan tersebut adalah tak bisa dimaafkan,” tegas Trudeau. “Sangat penting agar kita memastikan fakta-fakta tentang apa yang terjadi di Gaza,” imbuhnya seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (17/5/2018).

Baca Juga :  Protes Kedubes AS di Yerusalem, 52 Warga Palestina Tewas

“Kanada meminta penyelidikan independen segera untuk memeriksa secara menyeluruh fakta-fakta di lapangan — termasuk penghasutan, kekerasan dan penggunaan kekuatan secara berlebihan,” kata pemimpin Kanada tersebut.

Trudeau pun menawarkan bantuan Kanada dalam penyelidikan tersebut, seraya bertekad akan bekerja sama dengan mitra-mitra dan institusi multilateral “untuk menangani situasi serius ini.”

Setidaknya 60 warga Palestina tewas dan ribuan orang lainnya luka-luka dalam bentrokan yang terjadi saat warga Palestina menggelar aksi demo besar-besaran di sepanjang perbatasan Gaza dengan Israel pada Senin (14/5) lalu. Aksi demo itu digelar untuk memprotes pemindahan Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Baca Juga :  Presiden Mesir Undang Mahmoud Abbas ke Kairo Bahas Yerusalem

Otoritas Israel menyatakan pihaknya melakukan kekerasan terhadap demonstran Palestina karena harus menjaga perbatasan dari upaya sebagian demonstran yang mencoba menerobos. (adm3/dtc)

Baca Juga

Erick Thohir Optimistis Asian Games Berjalan Lancar

Jakarta, Sumselupdate.com – Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir optimistis penyelenggaraan Asian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *