Home / Headline / Pj Bupati dan Walikota di Sumsel Resmi Dilantik
Gubernur Alex Noerdin saat melantik para pejabat Plt.

Pj Bupati dan Walikota di Sumsel Resmi Dilantik

Palembang, Sumselupdate.com – Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, menunjuk empat pejabat dilingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sebagai Penjabat Sementara Walikota di empat kota yang mengikuti Pilkada Serentak.

Keempat pejabat tersebut masing-masing Ahmad Najib untuk Pjs Kota Palembang, Richard Cahyadi untuk Pjs Kota Prabumulih, Amsin untuk Pjs Walikota Pagaralam dan Ricky Junaidi untuk Pjs Walikota Lubuk Linggau.

Surat Keputusan Mendagri tentang Penunjukan Penjabat Sementara Walikota diserahkan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, di Griya Agung Palembang, Rabu (14/2/2018). Alex mengungkapkan mereka yang ditunjuk memiliki tugas berat, selain menjaga situasi tetap kondusif, Pjs Walikota dan Plt Bupati juga harus menjaga netralitas ASN.

Baca Juga :  Pengacara Sebut Penyebar Video Orasi Ahmad Dani Bagian dari Ahokisme

“Harus netral, (ASN-red) tidak boleh macam-macam. Sudah jelas petunjuknya, PNS harus netral. Kampanye juga harus damai. Boleh lah bertengkar sedikit tapi tidak boleh menghina, apalagi di medsos sudah banyak yang menghina saya padahal saya tidak ikut Pilkada,” seloroh Alex.

Pada saat yang sama, Gubernur juga menyerahkan surat penunjukkan Plt Bupati ketiga Wakil Bupati di tiga daerah yang mengikuti Pilkada serentak. Ketiga Plt Bupati tersebut masing-masing Benny Hernedi sebagai Plt Kabupaten Musi Banyuasin, M Rivai sebagai Plt Bupati Ogan Komering Ilir dan Marwan Mansyur sebagai Plt Bupati Lahat.

Baca Juga :  PATEN Diterapkan, Perizinan Bisa Diurus di Kantor Camat

Sesuai dengan ketentuan, kepala daerah yang maju Pilkada diharuskan cuti dalam masa kampanye. Pjs Walikota dan Plt Bupati bertugas menjalankan roda pemerintahan hingga masa cuti walikota dan definitif berakhir.

Mereka yang ditunjuk juga ditugaskan untuk menjaga ketertiban, memfasilitasi pilkada dan menjaga netralitas ASN pada Pilkada.

“Mereka juga bisa melakukan mutasi tapi dengan persetujuan Mendagri melalui Gubernur. Termasuk juga dalam mengelola anggaran, bagaimana pemerintahan bisa bergerak bila tidak bisa menggunakan anggaran,” tutupnya. (adi)

Baca Juga

Sandiaga Kalah Telak Lawan Menteri Susi di Danau Sunter

Jakarta, Sumselupdate.com – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Salahuddin Uno kalah telak lawan Menteri Kelautan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *