Home / Headline / Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Guatemala Akui Tak Ada Tekanan AS

Pindahkan Kedubes ke Yerusalem, Guatemala Akui Tak Ada Tekanan AS

Guatemala City, Sumselupdate.com – Pemerintah Guatemala menyatakan tidak ada tekanan dari Amerika Serikat terkait keputusan pemindahan kedutaan besarnua ke Yerusalem.

Menteri luar negeri Guatemala, Sandra Jovel mengatakan pemindahan kedubes Guatemala dari Tel Aviv ke Yerusalem merupakan keputusan sepenuhnya oleh pemerintah.

“Tidak ada tekanan apapun, tidak ada tekanan dari Amerika Serikat . Ini adalah keputusan pemerintah, negara, dan kebijakan luar negeri Guatemala,” katanya, seperti dilansir dari AFP.

Baca Juga :  Tentara Israel Serang Palestina, 2 Warga Tewas dan Puluhan Terluka

Afirmasinya itu menyusul pengumuman Presiden Guatemala Jimmy Morales pada Minggu (24/12/2017) terkait pemindahan kedutaannya di Israel.

Deklarasi tersebut membuat Guatelama menjadi negara pertama dan sejauh ini negara satu-satunya, yang mengikuti jejak Presiden AS Donald Trump.

Guatelama, seperti AS, belum menyatakan kapan realisasi pemindahan kedubes akan terjadi. Namun, langkah yang kontrovesial itu hadir saat PBB mengeluarkan resolusi tentang status Yerusalem hanya dapat diputuskan melalui perundingan damai antara Israel dan Palestina.

Baca Juga :  Diduga Minta Biaya Autopsi, Polda Sumsel Akan Tindak Tegas Para Oknum

Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, mengatakan pengumuman AS dan Guatemala hanyalah permulaan. Dia memprediksi masih akan ada negara yang menyusul langkah kedua negara tersebut.

Sebelumnya, Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely menyebut, pemerintahannya sedang menjalin komunikasi dengan sedikitnya 10 negara yang kemungkinan memindahkan kedutaan besarnya ke Yerusalem. (pto)

Baca Juga

Demo Ojol di Depan Gedung DPR Dimulai, Lalin Ditutup

Jakarta, Sumselupdate.com – Massa ojek online yang tergabung dalam Gerakan Roda Dua (Garda) mulai melakukan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *