Home / Headline / Petugas Gabungan Amankan 10.213 Gram Shabu & 29.427 Pil Butir Ekstasi

Petugas Gabungan Amankan 10.213 Gram Shabu & 29.427 Pil Butir Ekstasi

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Narkotika Nasional (BNN) RI bersama Polda Sumsel menangkap empat tersangka jaringan pengedar narkoba di Palembang di dua lokasi berbeda, Rabu (26/4).

Tiga pelaku yakni AA, EP dan HP disergap dari sebuah rumah di Perumahan Al Azhar, Kelurahan Kenten Laut, Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Namun tersangka HP yang merupakan warga asal Aceh ini tewas ditembak setelah memberikan perlawanan kepada petugas.

Kemudian setelah dilakukan pengembangan, anggota BNN RI, dibantu BNNP Sumsel, kepolisian, TNI serta Imigrasi dan Kanwil Bea dan Cukai Palembang kembali melakukan penggerebekan dan menangkap tersangka lain berinisial KD.

KD disergap dari sebuah showroom mobil miliknya yang berada di Jalan Alamsyah Ratu Prawira Negara, Kelurahan Bukit Baru, Kecamatan IB I Palembang.

Deputi Pemberantasan BNN RI Irjen Pol Arman Depari mengatakan, jaringan narkoba internasional ini memasukkan barang haram tersebut dari Malaysia dan Cina melalui Aceh untuk disebar ke sejumlah provinsi di Indonesia, termasuk Palembang.

Baca Juga :  Wacanakan Pembangunan Masjid Agung Sebagai Islamic Center

“Jaringan tidak berada di satu tempat, karena narkoba ini dominan berasal dari luar negeri, tentu ini jaringan internasional. Peredarannya memang melalui Aceh dan Medan, kemudian merambah ke Palembang, Lampung, Jakarta hingga ke Pulau Jawa,” katanya, Kamis (27/4/2017).

Dirinya menjelaskan, dalam pengungkapan kasus dan penangkapan pelaku pengedar narkoba itu memang dinilai tidak akan berhasil jika tidak dilakukan secara sinergis.

“Dari 4 tersangka ini, satu diantaranya meninggal dunia dan diamankan shabu seberat 10.213 gram dan pil ekstasi sebanyak 29.427 butir,” jelasnya.

Selain itu, juga diamankan barang bukti berupa sejumlah buku rekening, paspor, kartu ATM, BPKB kendaraan roda empat, akte tanah, senjata api laras pendek dan 18 butir amunisi.

Baca Juga :  Jadi Pengedar Narkoba, Pasutri ini Dicokok Polisi

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengatakan, pihaknya bersinergi untuk membantu menekan peredaran narkoba di Sumsel. Setelah membantu penangkapan 4 pengedar narkoba jaringan internasional itu, pihaknya pun akan mengembangkan kasusnya.

Di hari yang sama sekitar pukul 16.30 WIB, Polda Sumsel juga mendapati pengedar berinisial MI yang memiliki 2 kilogram shabu dan 18.100 butir ekstasi. Penangkapan MI ini dilakukan di Lorong Riang, Kecamatan Plaju Palembang.

“Ini semua masih merupakan satu jaringan. Mereka sudah diincar selama satu bulan. Ada sekitar satu pleton pasukan yang turun untuk membantu penangkapan pengedar-pengedar ini. Mereka dibagi menjadi beberapa tim,” jelasnya. (tra)

Baca Juga

UN SMP Dimulai, UNBK Masih Belum Maksimal

Palembang, Sumselupdate.com – Hari ini jenjang SMP secara serentak menjalani Ujian Nasional, termasuk di Palembang. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *