Home / Headline / Pertamina Kirim Pertamax Inland Lewat RTW
Ujicoba pengiriman bahan bakar dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kertapati ke TBBM end yaitu Baturaja, Lahat, dan Lubuk Linggau.

Pertamina Kirim Pertamax Inland Lewat RTW

Palembang, Sumselupdate.com – Bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), Pertamina Marketing Operation Region (MOR) II Sumbagsel melakukan Pengiriman Perdana Produk Pertamax Inland. Pengiriman tersebut dilakukan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Kertapati ke TBBM end yaitu Baturaja, Lahat, dan Lubuk Linggau.

Untuk loading perdana ke Rail Train Wagon (RTW) dilakukan langsung oleh General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto.

General Manager MOR II Sumbagsel, Erwin Hiswanto pada Rabu (30/08/2017), mengatakan RTW ini dimulai selasa kemaren dan akan mengangkut produk Pertamax sebanyak lebih dari 450 KL yang akan dihantarkan langsung ke TBBM Baturaja, Lahat, dan Lubuk Linggau setiap harinya.

Pengiriman produk melalui RTW ini, tentunya dapat menghindari jalur yang rawan kemacetan serta kondisi jalan atau cuaca yang buruk untuk dilalui armada mobil tanki.

“Dengan adanya pengiriman Pertamax melalui RTW ini, mendasari sinergi BUMN antara Pertamina dan KAI, sekaligus juga untuk menjaga security of supply di TBBM ujung agar dapat menjaga ketahanan stok karena produk-produk sudah tersedia tidak harus menunggu alih suplai dari TBBM terdekat,” jelas Erwin.

Selain itu, menurut Erwin, tiga TBBM tersebut memiliki flexibility of supply di lokasi masing-masing.

“Begitu ada kebutuhan meningkat terhadap produk Pertamax, maka TBBM sudah bisa langsung mengirimkan ke SPBU-SPBU tersebut,” ujarnya.

Dijelaskannya, di wilayah Baturaja, Lahat dan Lubuk Linggau realisasi konsumsi Pertamax pada Juli 2017 dibanding Juni 2017 terdapat peningkatan yang mencapai rata-rata di atas 119 % dari konsumsi per bulan. Dan Pertamina juga memastikan, pasokan premium ke SPBU juga akan tetap berjalan normal.

Lebih lanjut ia menyampaikan, guna mendukung pemenuhan kebutuhan tersebut, Pertamina juga tentunya telah menyiapkan sarana dan fasilitas pendukung baik di TBBM pengirim maupun penerima agar produk Pertamax ini dapat dikirimkan dari TBBM inland secara langsung.

“Harapannya, dengan adanya metode pengalihan pengiriman seperti ini, Pertamina akan lebih cepat dapat memenuhi kebutuhan konsumen akan produk bahan bakar khusus (BBK),” pungkasnya. (adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.