Home / Headline / Perempuan Harus Ikut Andil Dalam Pengawasan Pemilu

Perempuan Harus Ikut Andil Dalam Pengawasan Pemilu

Palembang, Sumselupdate.com – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dan Badan Koordinasi Korps HMI-wati (Badko Kohati) mengadakan diskusi bersama terkait pentingnya peran perempuan dalam pemilu di Hotel Horison Ultima Palembang, Minggu (13/5/2018).

Kita ketahui bersama di era modren saat ini peran wanita didalam berbagai hal tidak bisa dipandang sebelah mata termasuk juga dalam bidang politing hingga penyelenggaraanya.

“Kami mengharapkan partisipasi para perempuan dalam hal pengawasan pemilu. Karena secara struktural komisioner jumlah perempuan di Kabupaten cuma ada 3 dari 51 orang,” ucap Anggota Bawaslu Sumsel, Iin Irwanto.

Baca Juga :  Bawaslu Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Awasi Pilgub Sumsel 2018

Ditambahkanya sedangkan untuk Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) sendiri tidak sampai 15 persen. Untuk tahun ini saja jumlah pengawas TPS berkisar 16500 orang, kita harapkan dari jumlah tersebut setidaknya nanti ada 30 persen peran para perempuan.

“Dari data tersebut masa pendaftaranya nanti akan dibuka selama satu minggu dan untuk mendaftarnya bisa ke Panwaslu per Kecamatan masing-masing. Syaratnya dafatr sesuai denga domisili, usia 25 tahun, pendidikan minimal SMA dan lain-lain,” tuturnya.

Hal senada juga di ungkapkan Ketua Umum Badko Kohati, Eka Fariyana mengatakan, acara ini dilaksanakan atas kerjasama Bawaslu dengan harapan perempuan dapat berperan dalam pesta demokrasi yang berlangsung saat ini. Minimal melakukan pengawasan terhadap pemilu.

Baca Juga :  Ops Mantap Praja, Polres OKU Timur Gelar Apel Pengamanan Pilkada Serentak

“Sebenarnya tidak hanya perempuan tapi masyarakat umum diharapkan berperan aktif dalam mengawasi pemilu ini, namun dalam hal ini kita berharap yang selama ini perempuan acuh, cuek dengan urusan politik, mestinya tidak lagi dan harus ikut bisa mengawasi,” ujarnya.

Diterangkanya Kohati sendiri sudah mendorong kaum perempuan tidak hanya kader kohati tetapi kapada semua lapisan seperti pelajar dan mahasiswa dengan memberikan peltihan-pelatihan terkait pengawasan pemilu. (syd)

Baca Juga

Erick Thohir Optimistis Asian Games Berjalan Lancar

Jakarta, Sumselupdate.com – Ketua Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) Erick Thohir optimistis penyelenggaraan Asian …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *