Home / Adv / Pemkab OKU Timur Lakukan Percepatan Pembangunan Perbatasan Menjadi Kawasan Ekonomi Baru
  • Warga antusias saat menerima kunjungan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi.

  • HM Kholid Mawardi berdialog dengan warga penerima program bantuan Pemkab OKU Timur.

  • Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi menyerahkan bantuan kepada salah satu warga.

  • Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi memaparkan rencana program pengembangan kawasan ekonomi baru.

Kawasan Ekonomi Baru OKU Timur

Pemkab OKU Timur Lakukan Percepatan Pembangunan Perbatasan Menjadi Kawasan Ekonomi Baru

Martapura, Sumselupdate.com – Percepatan pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan untuk meningkatkan perekonomian agar semakin baik, tentu juga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun tentu harus ada dukungan sarana dan prasarana maksimal.

Demikian diungkapkan Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi, SSos, MSi, ketika melakukan kunjungan kerja di Kecamatan Belitang Mulya, Kecamatan Belitang II, Kecamatan Semendawai Suku III dan Kecamatan Semendawai Timur, Kamis (19/10/2017).

“Pemkab OKU Timur terus berupaya menggali potensi dengan harapan bisa menjadi media peningkatan ekonomi masyarakat,” tegas Kholid saat pertemuan di Aula Kantor Kecamatan Belitang Mulya yang dihadiri seluruh Kepala OPD Kabupaten OKU Timur, Camat, Kades serta masyarakat setempat.

HM Kholid Mawardi berdialog dengan warga penerima program bantuan Pemkab OKU Timur.

 

Sementara, Kepala Bappeda dan Litbang OKU Timur Ir H Kanjeng Tubagus Sunarseno mengatakan, upaya pemerataan pembangunan antar wilayah merupakan salah satu tujuan pembangunan daerah dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) OKU Timur 2016-2021.

Baca Juga :  Warga Eks Timtim Sampaikan Surat Kepada Presiden Jokowi

“Dengan sasaran pembangunan yang hendak dicapai yakni berkembangnya wilayah tertinggal di perbatasan yang indikator. Tujuan dan sasaran pembangunan ini untuk mewujudkan kawasan perbatasan agar cepat tumbuh menjadi kawasan yang diprioritaskan dalam pembangunan,” ujar Tubagus.

Ia menambahkan, pengembangan itu meliputi pengembangan jaringan infrastruktur dan pengembangan ekonomi yang mendukung pengembangan kesejahteraan masyarakat OKU Timur umumnya dan kawasan perbatasan khususnya.

Serta wilayah lain di sekitarnya, seperti di Kecamatan Belitang II, Semendawai Timur dan sekitarnya yang perlu mendapat prioritas dalam mengembangkan potensi yang ada.

Kecamatan Belitang II dan Semendawai Timur merupakan daerah berbatasan langsung dengan OKI dan Lempuing Lampung serta wilayah yang dilalui jalan tol Trans Sumatera dengan infrastruktur dasar cukup memadai dan upaya pengembangan potensi yang ada di kedua wilayah tersebut.

Baca Juga :  Berantas Pungli, Tim Saber Pungli OKUT Sediakan Layanan Pengaduan

“Diharapkan kedua wilayah ini dapat berkembang dan maju menjadi kawasan ekonomi baru di OKU Timur,” ujarnya.

Mantan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) OKU Timur ini menambahkan, tujuan utama dalam pengembangan kawasan ini agar upaya percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat dan penurunan angka kemiskinan, pengurangan kesenjangan sosial, serta berdampak terhadap meningkatnya kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi menyerahkan bantuan kepada salah satu warga.

 

“Oleh karena itu, perlu dilakukan pemantapan program dan kegiatan yang berdampak langsung terhadap pencapaian tujuan dan sasaran pembangunan dengan capaian indikator yang bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat,” terangnya.

Dalam usaha peningkatan akses jaringan infrastruktur dan perekonomian empat kawasan kecamatan, berbagai upaya sudah dilakukan rencana diantaranya, Bappeda dan Litbang OKU Timur tahun anggaran 2017 sedang melakukan pengembangan kawasan perbatasan yang memiliki akses ke jalan Tol Trans Sumatera.

“Tujuannya untuk menggali potensi baik pengembangan jaringan infrastruktur maupun pengembangan potensi yang dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” pungkas mantan Kadisperindag OKU Timur ini. (yul/adv)

Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi memaparkan rencana program pengembangan kawasan ekonomi baru.

Baca Juga

Presiden Jokowi Tinjau Program Padat Karya Banyuasin

Tanjung Lago, Sumselupdate.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo meninjau pelaksanaan Program Padat Karya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *