Home / Headline / Pembeli Aset PT PWU Ditahan Kejaksaan
Oepojo Sardjono

Pembeli Aset PT PWU Ditahan Kejaksaan

Surabaya, Sumselupdate.com – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur menetapkan Oepojo Sardjono dan Sam Santoso sebagai tersangka kasus korupsi pelepasan aset PT Panca Wira Usaha (PWU). Usai pemeriksaan, Oepojo langsung ditahan.

Keduanya adalah pembeli aset PT PWU. Oepojo dan Santoso merupakan direktur utama dan direktur PT Sempulur Adi Mandiri.

“Pembelinya kan dua orang itu,” kata Kasi Penkum Kejaksaan Tinggi Jawa Timur Richard Marpaung kepada wartawan di kantor Kejati Jatim, Surabaya, Rabu (31/5/2017) dikutip dari detikcom.

Keduanya membeli aset PT PWU yang ada di wilayah Kediri dan Kabupaten Tulungagung. Setelah menjalani pemeriksaan di Kejati Jatim, Oepojo langsung ditahan. Oepojo yang mengenakan rompi tahanan kejati warna merah, diantar istrinya hingga masuk ke mobil tahanan Kejati Jatim.

Baca Juga :  Dahlan Iskan Sehat, Besok Rencananya Bakal Diperiksa Lagi

“Ditahan di Rutan Medaeng,” ujarnya.

Sedangkan Sam Santoso tidak ditahan. Alasannya, Santoso sedang menjalani pemulihan kesehatan.

“Pak Santoso masih sakit,” terangnya.

Kuasa hukum Santoso, Wijayanto Setiawan mengaku kliennya belum menjalani pemeriksaan sebagai tersangka. Pihaknya akan mengikuti proses penyidikan tersebut. “Belum diperiksa. Ya kita ikuti saja,” katanya.

Ketika ditanya, apakah ada upaya pra peradilan. Wijayanto mengatakan, pihaknya belum bisa memastikannya. “Ya kita lihat nanti,” pungkasnya.

Baca Juga :  Innalillahi, Pelawak Srimulat Bambang Gentolet Meninggal Dunia

Sebelumnya, Kejati Jawa Timur menetapkan mantan Direktur Utama PT PWU Dahlan Iskan dan Ketua Pelepasan Aset PT PWU Wisnu Wardhana, ditetapkan tersangka. Keduanya juga sudah menjalani persidangan. Dahlan divonis 2 tahun pidana penjara dan menjalani hukuman tahanan. Sedangkan Wisnu divonis 3 tahun pidana penjara.

Sedangkan Oepojo dan Santoso pernah menjalani sebagai saksi. Saat persidangan, jaksa penuntut umum menyampaikan bahwa transaksi jual beli aset PT PWU di Kediri dan Tulungagung itu dilakukan sebelum pembukaan lelang. Dari pelepasan aset itu, negara dirugikan sekitar Rp 10,8 miliar. (adm3)

Baca Juga

Barcelona Pesta Gol di Kandang Deportivo

Barcelona, Sumselupdate.com – Barcelona menang telak 4-0 atas Deportivo La Coruna pada pertandingan pekan ke-16 …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *