Home / Headline / Pedagang Rokok Bongkar Sindikat Pencetak Uang Palsu Berbahan HVS

Pedagang Rokok Bongkar Sindikat Pencetak Uang Palsu Berbahan HVS

Kupang, Sumselupdate.com – Aparat Kepolisian Resort (Polres) Kupang menangkap Anton Langga (42) pencetak dan pengedar uang palsu atas laporan seorang pedangan rokok, Adrinus Mikael Dethan.

“Awalnya pelaku sengaja datang membeli rokok satu bungkus di kios pelapor. Ternyata, uang itu palsu. Korban melapor dan pelaku berhasil kami amankan. Saat ditangkap di tangan pelaku masih ada uang palsu pecahan Rp100 ribu,” ujar Wakapolres Kupang Kompol Sriyati, dikutip dari liputan6.com, Selasa (21/2/2017).

Baca Juga :  Ini Barang Bukti di Lokasi Penggrebekan Teroris di Surabaya

Sriyati menjelaskan, dari hasil pemeriksaan, pelaku mengaku jika uang palsu tersebut diperoleh dari temannya Silvester Min Aubere (32), seorang pengemudi angkutan pickup. “Dari pengakuan pelaku Anton, kami langsung amankan pelaku Silvester,” jelas Sriyati.

Dia menambahkan, dari hasil penyidikan terhadap Silvester, terungkaplah pelaku utama sebagai pencetak dan pengedar uang palsu yakni, Jupiter Hendrik Fredik Billiu (52). Polisi langsung mengamankan Jupiter dan melakukan penyidikan.

Baca Juga :  Hati-hati Uang Palsu Beredar di OKI

“Pelaku utama sudah kami amankan dan dalam penyidikan dia mengaku membuat uang palsu dengan cara memperbanyak menggunakan mesin fotokopi bersama mistar penggaris dan kertas HVS,” kata Sriyati.

Saat ini, ketiga pelaku sudah diamankan Polres Kupang guna menjalani pemeriksaan lanjutan dalam kasus uang palsu ini. (pto)

Baca Juga

Soal KIP dari Jokowi, Kadisdik Sebut Sumsel Lebih Dulu Lewat PSG

Palembang, Sumselupdate.com – Berkaitan dengan kunjungan kerja (Kunker) Presiden RI Joko Widodo beberapa hari lalu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *