Deprecated: Methods with the same name as their class will not be constructors in a future version of PHP; arqam_lite_counter_widget has a deprecated constructor in /var/www/vhosts/sumselupdate.com/httpdocs/wp-content/themes/sumselupdate/framework/functions/arqam-lite.php on line 736
Muzakir Sai Sohar Ancam Buat Rekomendasi Peninjauan Ulang Izin PGU, Kenapa? – Sumsel Update
Home / Headline / Muzakir Sai Sohar Ancam Buat Rekomendasi Peninjauan Ulang Izin PGU, Kenapa?
Suasana rapat yang membahas penanganan tambang batubara ilegal di Desa Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim di Ruang Rapat Serasan I, Senin (11/9/2017).

Muzakir Sai Sohar Ancam Buat Rekomendasi Peninjauan Ulang Izin PGU, Kenapa?

Muaraenim, Sumselupdate.com – Bupati Muaraenim, H Muzakir Sai Sohar mempertanyakan izin operasional PT Pasific Global Utama (PGU).

Hal itu diungkapkannya pada rapat yang membahas penanganan tambang batubara ilegal di Desa Tanjung Lalang, Tanjung Agung, Kabupaten Muaraenim di Ruang Rapat Serasan I, Senin (11/9/2017).

Pada rapat tersebut, Kepala Teknik Tambang (KTT) PT PGU, Ronal Panjaitan mengatakan, pihaknya belum bisa mengatasi tambang batubara ilegal yang terbakar sejak 18 Agustus 2017, karena akses ke lokasi kebakaran dibatasi oleh lahan yang belum bebas di sisi Utara dan Timur.

Selain itu, kata Ronal, belum padamnya api pada tambang ilegal yan terbakar tersebut karena perusahaannya tidak memiliki SDM terampil yang berpengalaman.

Sementara itu, Bupati Muaraenim menyesalkan belum padamnya api di tambang batubara ilegal tersebut karena alasan tidak ada SDM.

“Apa sih syarat PGU membuka tambang. Setahu saya tambang tersebut dibuka jika semua yang dibutuhkan sudah siap, mulai dari amdal, tenaga ahli dan lain sebagainya. Ini aneh bagi saya, jika PGU beralaskan tidak memiliki tenaga ahli,” ujar Muzakir geram.

Padahal, kata Muzakir, pihak perusahaan tahu tahu pasti akan menghadapi berbagai permasalahan di area tambang seperti kebakaran, longsor, dan banjir. Untuk itu, Muzakir mempertanyakan izin operasional tambang PT PGU.

“Jika memang PGU tidak memiliki tenaga ahli atau SDM, bisa-bisa saya buat surat rekomendasi kepada Gubernur untuk peninjauan ulang izin –operasional– ini,” tegas Muzakir.

Terkait hal tersebut, Humas PGU, Sudinoto saat dikonfirmasi mengatakan, jika SDM yang dimaksud yakni tenaga yang siap melakukan penanganan di dalam lubang galian tambang.

“Lokasi yang kebakaran bukan di atas tanah, tapi di dalam lubang galian. Jadi tenaga yang siap melakukan penanganan di dalam lubang galian tambang tersebut yang belum kita miliki,” ujar Sudinoto. (azw)

Baca Juga

Garam Dapur dan Garam di Meja Ternyata Berbeda, Ini Perbedaan yang Paling Mencolok

Jakarta, Sumselupdate.com – Jika kita mencermati, kita bisa menemukan beberapa jenis garam yang bisa kita …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *