Home / Headline / Medco E&P Mulai Bersihkan Rembesan Minyak di Desa Suka Maju
Anggota Komisi II DPRD PALI saat meninjau lokasi kebocoran pipa minyak, Senin (13/11/2017)

Medco E&P Mulai Bersihkan Rembesan Minyak di Desa Suka Maju

Palembang,  Sumselupdate.com – Pekerja PT Medco E&P Indonesia (Medco E&P) telah mulai melakukan pembersihan rembesan minyak di Desa Suka Maju, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (PALI), Selasa (14/11).

“Pembersihan ini dapat dilakukan berkat dukungan dari DPRD PALI, Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Desa Setempat dan warga desa, setelah melakukan musyawarah,” ujar Media Realtions PT Medco E&P Indonesia – West Asset, Tri Hartanto, melalui rilis yang diterima sumselupdate.com, Selasa (14/11/2017).

Menurut Tri Hartanto, rembesan tersebut berasal dari kebocoran pipa Medco E&P Blok South Sumatera yang diketahui pada Jumat (10/11). Setelah diketahui, lanjutnya, pihak Perusahaan dibantu oleh PT Pertamina EP langsung menutup kebocoran (klamp) pipa tersebut.

Sebelumnya, kejadian ini sempat mendapat perhatian pihak DPRD PALI yaitu Irwan ST, H. Amran SH, dan Adi Warsito yang meninjau lokasi pada Senin (13/11). Mereka meminta perusahaan berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan pembersihan dan ganti kerugian warga yang terkena dampak. Anggota DPRD juga mengapresiasi atas cepatnya tindakan penutupan kebocoran pipa.

Sebagai tindak lanjut, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten PALI pun mengunjungi lokasi pada Selasa (14/11). Dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Lingkungan Hidup PALI Mukhlis Nabil yang didampingi oleh staf Humas Medco E&P, Yulianto Pawit dan staf Health Safety & Environment, Hasdevi, meminta pihak Perusahaan untuk bermusyawarah dalam penanganan kejadian ini. Kepala Dinas dalam peninjauan tersebut juga meminta perusahaan mengganti kerugian sesuai prosedur yang berlaku.

“Kami berterimakasih atas dukungan Kepala Desa dan warga yang turut serta membantu Perusahaan dalam melakukan pembersihan. Perusahaan juga menghargai peran serta masyarakat dalam menyelesaikan masalah ini sehingga pembersihan bisa dengan cepat diselesaikan sesuai prosedur yang berlaku,” ujar Yulianto saat mendampingi tim dari Dinas Lingkungan Hidup PALI.

Diberitakan sebelumnya, Pipa minyak mentah milik PT Medco E&P yang ada di desa Suka Maju Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) bocor diduga akibat korosi, karena sumber pipa yang bocor berada di bawah tanah.

Akibat dari kejadian tersebut, rembesan minyak mentah masuk ke dalam kolam milik warga dan ikan di dalam kolam tersebut banyak yang mati. Selain banyak ikan yang mati, warga sekitar juga was-was karena banyaknya minyak yang keluar dan menggenang di kolam milik warga.

Kondisi ini juga membuat warga takut menghidupkan api termasuk memasak, karena bau menyengat keluar dari tumpahan minyak. Bahkan warga pun menahan pihak perusahaan untuk melakukan pembersihan sebelum ada kesepakatan. (ril/shn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.