Home / Headline / Mau Maju dari Jalur Independen? Harus Punya15.470 Suara
ILustrasi

Mau Maju dari Jalur Independen? Harus Punya15.470 Suara

Lubuklinggau, Sumselupdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Lubuklinggau mengungkapkan, bakal calon Walikota dan Wakil Walikota yang berniat maju dari jalur independen (perseorangan) minimal harus mengantungi 15.470 dukungan suara.

Dukungan tersebut 10 persen dari Daftar Pemilihan Tetap (DPT) pilpres lalu. “Hal itu berdasarkan UU Nomor 8 Tahun 2015, dalam pasal 41 ayat 1 dan 2, yang menjelaskan bahwa syarat pencalonan kepala daerah bagi calon perseorangan mendapat dukungan paling sedikit 10 persen,” kata Ketua KPU Lubuklinggau Efriandi Suhendri melalui Divisi Hukum Lukman.

Baca Juga :  Berkas Kasus Oknum BPN Dilimpahkan ke Jaksa

Lukman membeberkan, jumlah DPT terakhir kota Lubuklinggau totalnya 154.693 orang. Maka, merujuk pada 10 persen minimal dukungan calon perseorangan sediitnya harus mengantungi dukungan minimal 15.469,3 atau yang dibulatkan menjadi 14.470 orang.

“Sebaran dukungan harus di 8 kecamatan, tidak boleh menumpuk disatu kecamatan saja. Nanti akan menyiapkan form dukungan yang harus dituliskan dan ditanda tangani diatas meterai nantinya. Dan dilengkapi dengan foto kopi KTP, kalau sudah rekam tapi KTP nya belum dicetak, bisa digantikan dengan surat keterangan (suket) dari Disdukcapil,” jelasnya.

Baca Juga :  Donald Trump Presiden AS, Peramal Buta ini Sebut Hal Mengejutkan Sebelum Meninggal

Sejauh ini, para bakal calon Walikota dan Wakil Walikota belum ada yang memastikan diri akan maju dalam Pilkada mendatang melalui jalur perseorangan. Namun, yang berkonsultasi saja sudah ada.

“Dua calon pernah berkomunikasi dengan kami mengenai pencalonan independen. Tapi belum ada yang memastikan diri untuk maju di jalur perseorangan. Kita lihat nanti, hingga batas akhir pencalonan kita tutup,” pungkasnya. (and)

Baca Juga

Kontingen Palembang Memimpin Perolehan Medali, Muba Membayangi

Palembang, Sumselupdate.com – Memasuki hari kedua Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XI Sumatera Selatan (Sumsel), kontingen …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *