Home / Headline / KPUD PALI Temukan 1.033 Kertas Surat Suara Rusak

KPUD PALI Temukan 1.033 Kertas Surat Suara Rusak

PALI, Sumselupdate.com – Setelah proses pelipatan kertas surat suara untuk pemilihan Gubernur Sumsel selesai beberapa waktu lalu, KPUD PALI menemukan 1.033 kertas surat suara yang rusak.

Kerusakan didominasi akibat tinta yang tercecer dan mengenai salah satu gambar pasangan calon serta ada pula yang robek. Akibatnya, kabupaten PALI kini kekurangan 1.188 lembar kertas surat suara.

Kertas suara yang rusak tersebut langsung dikembalikan lagi ke KPU provinsi. Selain mengalami kerusakan, ada kekeliruan hitungan yang datang. Yakni dari hitungan 124.191 kertas suara yang datang hanya ada 124.036 lembar kertas suara.

“Dari 124.191 kertas suara yang datang kemudian dihitung dan dilakukan penyortiran serta pelipatan, ternyata hitungannya kurang kirim 155 lembar. Jadi jumlah keseluruhan yang masuk hanya 124.036 lembar. Setelah disortir ada 1.033 kertas suara rusak,” ucap Ketua KPUD PALI H Hasyim melalui Sekretaris KPUD Marmansyah, Senin (11/6/2018).

Setelah dihitung dari jumlah kertas suara yang baik dan rusak, Marmansyah menyebut bahwa kekurangan kertas suara di PALI berjumlah 1.188 lembar.

“Jumlah itu berdasarkan jumlah DPT 121.182 ditambah 2,5 persen, karena kertas suara yang baik ada 123.003 lembar, jadi kekurangan kertas suara 1.188 lembar,” tambahnya.

Untuk kekurangan kertas suara, Marmansyah mengatakan bahwa KPUD PALI menunggu kiriman dari KPU provinsi. “Kita sudah sampaikan ke KPU provinsi, dan tinggal menunggu dikirim kembali,” tukasnya.

Dijelaskan Marmansyah, untuk pendistribusian logistik Pilgub, diperkirakan akan dilakukan H-3 pelaksanaan Pilgub.

“Tapi kalau ada instruksi Ketua KPUD, jadwal itu bisa saja berubah. Kalau sampai saat ini, selain kertas suara kurang, seluruh sampul, blanko, alat bantu tunanetra dan stiker serta daftar pasangan calon belum dikirim KPU provinsi,” pungkasnya. (adj)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.